Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara dan Trik Memperoleh Google Snippet di Blogger

Google search merupakan search engine yang paling populer didunia saat ini mengalahkan duckduckgo dan bing. Pengguna google search tak ayal sekitar 2 miliar orang per bulan. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah search engine.

Hal ini menjadi peluang bagi para konten kreator untuk mempromosikan konten mereka di google search. Tentunya dengan persaingan. Apalagi para pengguna blogger. Mereka tak mau kalah dalam mengoptimasi konten mereka agar tampil dihalaman pertama google search.

Dalam google search sendiri, terdapat banyak fitur yang ditampilkan dalam pencarian. Seperti FAQ, Quest and Answer, Carousel, Video, dan Snippet. Sebenarnya masih banyak lagi, namun fitur yang dirasa paling menarik disini yaitu fitur Google snippet. Apa itu google snippet dan bagaimana cara dan trik memperoleh google snippet di blogger?
Cara dan Trik Memperoleh Google Snippet di Blogger
Contoh google snippet

Google Snippet adalah salah satu fitur search engine google yang menampilkan kutipan yang relevan dalam suatu konten blog. Dalam google snippet kamu bisa langsung menemukan jawaban yang kamu cari secara instan. Selain itu, bagi para blogger. Fitur ini menjadi sangat berguna dalam memperoleh traffic. Bagaimana tidak, Google snippet berada paling atas halaman pertama google search dan memiliki ukuran yang relatif lebih besar daripada hasil pencarian lainnya. 

Apa saja manfaat google snippet disisi pengguna?
Berikut adalah beberapa manfaat google snippet disisi pengguna:

  • Mendapat jawaban yang cepat dan relevan
  • Sumber yang terpercaya dan kuat
  • Artikel yang dipilih adalah artikel yang terbaik

Apa saja manfaat google snippet disisi blogger?
Para blogger berlomba-lomba untuk mendapat fitur ini pada blognya. Lalu apa manfaatnya untuk blogger?

  • Mendatangkan traffic
  • Mendapat kedudukan pertama di SERP (Search Engine Result Page)
  • Menjadi referensi penulis lain (skripsi, Klipping, Majalah, dll)
  • Mendatangkan backlink.

Itulah kenapa blogger banyak mengincar google snippet. Walaupun google search yang menentukan situs yang berhak memiliki google snippet. Namun ternyata ada cara dan trik tersendiri dalam memperoleh posisi google snippet tersebut yang jarang diketahui oleh blogger lainnya. Berikut adalah tutorial cara dan trik memperoleh google snippet di blogger yang jarang diketahui.

Cara  dan trik memperoleh google snippet di blogger

Cara dan Trik Memperoleh Google Snippet di Blogger
Cara dan Trik Memperoleh Google Snippet di Blogger

1# Tulis artikel yang informatifArtikel yang informatif

merupakan artikel yang paling banyak ditarget oleh google snippet. Maksud dari artikel yang informatif disini adalah artikel yang dapat memberikan informasi bermanfaat kepada pengguna tanpa bertele-tele. Lalu bagaimana contoh dari artikel yang informatif? Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Artikel yang memuat definisi
  • Artikel yang memuat sejarah
  • Artikel yang memuat contoh
  • Dsb.


2# Isi meta description dengan keyword

Yang satu ini adalah salah satu cara dari merangking page one (Halaman pertama) google. Namun, dalam kasus ini juga dapat menjadi faktor yang mempengaruhi rank blog kita dalam memperoleh google snippet. Biasanya, google snippet diambil dari rank 1, 2, 3 dalam Page 1 SERP.

3# Buat artikel yang terstruktur

Apa itu artikel terstruktur? Artikel terstruktur adalah artikel yang memiliki tag heading dalam setiap bab / sub bab nya serta tag struktur lainnya. Mengapa hal ini dilakukan? Agar google lebih mudah dalam mengenali topik dalam artikel kita sehingga memudahkan crawling dari google.

4# Perhatikan Keyword difficulty

Keyword difficulty adalah salah satu hal yang mempengaruhi google snippet. Semakin sulit keyword tersebut dirangking maka juga semakin sulit pula google snippet itu kita dapatkan. Sebaliknya, Semakin mudah keyword kita rangking maka semakin mudah pula kita mendapatkan google snippet

5# Sertakan sumber yang relevan

Dalam menulis artikel yang banyak disadur dari sumber - sumber lain alangkah baiknya kita menanam sumber yang asli untuk memudahkan dalam memperoleh snppet google. Namun, perlu diperhatikan. Dalam menanam sumber, jangan gunakan link / sumber yang menjadi pesaing keyword kamu. Karena itu malah akan menjadikan posisi kamu menjadi malah turun.

 Sekian artikel kali ini terimakasih telah membaca artikel tentang cara dan trik memperoleh google snippet dan jangan lupa untuk berkomentar.

4 comments for "Cara dan Trik Memperoleh Google Snippet di Blogger"

  1. Emang perlu juga yaaaa liat keyword difficultynya.. kalau susah emang bakalan sulit naiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih begitu kak,,,tapi saya mah gk banyak ambil pusing,,,just nulis aja,,,itu juga kalau lagi mau wkwk

      Delete
  2. Masih misteri bagi saya untuk dapetin snippet dari google. Belum nyoba tutorial atau ilmu yang dikasih oleh para suhu blogger. Ada yg bilang kalau sebenarnya dapetin fitur ini cukup mudah. Tapi saya sendiri belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,,,apalagi saya gan,,,artikel masuk page 1 aja masih misteri caranya gimana hehe

      Delete