Arti Dan Makna Lambang IPSI

IPSI atau singkatan dari ikatan pencak silat indonesia adalah sebuah induk organisasi resmi pencak silat di indonesia yang bernaung di bawah KONI atau singkatan dari komite olahraga nasional indonesia.

IPSI didirikan pada tanggal 18 mei 1948 di surakarta jawa tengah. Pada tanggal 18 mei 2020 kemarin IPSI genap berumur 72 tahun. Saat ini kantor pusat IPSI berada di taman mini indonesia indah jakarta timur. Dengan ketua umum saat ini yaitu bapak prabowo subianto.

Sebagai organisasi pemersatu seluruh perguruan dan aliran pencak silat di indonesia, IPSI mempunya sebuah logo/lambang yang arti dan maknanya belum banyak orang yang tahu. Berikut dibawah ini arti dan makna dari lambang IPSI silahkan simak selengkapnya.

Arti Dan Makna Lambang IPSI

Arti dan makna lambang ipsi
Arti dan makna lambang ipsi

1# warna merah

Pada bagian logo IPSI yang berbentuk segi lima itu berwarna merah yang ternyata juga mempunyai arti dan makna yaitu keberanian dalam usaha kebenaran.

2# warna hijau

Bila kita perhatikan pada lambang IPSI pada bagian tulisan "IPSI" dan "ikatan pencak silat indonesia" itu berwarna hijau. Warna hijau itu juga mempunyai arti dan makna yang berarti ketenangan dalam menghadapi sesuatu dan kemantapan jiwa.

3# warna kuning

warna kuning ini letak sebenarnya berada di dalam sayap. Warna kuning ini mempunyai arti yaitu IPSI mengutamakan keluhuran budi pekerti dan kesejahteraan menuju kejayaan NKRI.

4# bentuk perisai segi lima

Perisai segi lima ini mempunyai arti bahwa IPSI berlandaskan pancasila dan mempunyai tujuan membentuk manusia yang pancasilais.

5# sayap burung garuda

Saya burung garuda pada lambang IPSI mempunyai arti kekuatan bangsa indonesia bertumpu pada kemurnian, keluhuran dan juga keseimbangan.

6# lima lingkaran saling terhubung

Kalau kita perhatikan di dalam lambang IPSI terdapat untaian lima lingkaran yang saling terhubung itu mempunyai makna kalau IPSI merupakan pemersatu semua elemen, aliran dan memegang teguh persaudaraan melalui olahraga pencak silat.

7# pita berwarna merah putih yang terikat

Pita berwarna merah putih yang terikat ini mempunyai makna yang sama dengan untaian lima lingkaran. Hanya saja bersifat lebih luas yaitu IPSI sebagai pemersatu bangsa dan setanah air melalui pencak silat hasil karya nenek moyang indonesia.

8# tangan bersilang

Pada bagian ini berarti IPSI ikut andil dalam membantu negara dalam bidang pertahanan nasional dan keamanan dengan cara pembinaan kader-kader IPSI dengan latihan fisik dan mental.

9# senjata trisula

Senjata trisula dalam lambang IPSI mempunyai arti bahwa IPSI selalu siap siaga dalam berpartisipasi membantu negara dengan tiga poin pokok diantaranya:
  • Mengusahakan keluhuran budi pekerti
  • Memelihara dan merawat kebudayaan
  • Melestarikan dan menjalankan olahraga pencak silat

Lambang IPSI dan maknanya yang sudah kita bahas diatas itu ditetapkan pada tanggal 28 oktober 1975. Dan ternyata dibalik lambang atau logonya yang terkesan simpel ternyata mengandung arti dan makna yang sangat dalam.

Terima kasih sudah membaca sampai selesai artikel tentang arti dan makna lambang IPSI mudah-mudahan menambah wawasan kita semua terima kasih.

subscribe via email:

4 Responses to "Arti Dan Makna Lambang IPSI"

  1. dari gambar logo yang sepertinya hanya seoerti itu, ternyata mempunyai banyak arti yang psitif ya mas, mantab memang :D

    ReplyDelete
  2. Oh, makna dari lambang dan warna logo yang ada di IPSI itu artinya ...
    Aku baru ngeh setelah membaca di artikel ini.

    Terimakasih tambahan pengetahuannya, mas Eko.

    ReplyDelete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-apabila kamu suka artikel di blog ini kamu bisa subsribe via email atau follow blog ini agar mendapat update artikel terbaru dari blog ini.
-tombol follow blog ini ada dibagian atas/header dan dibagian bawah/footer.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link

Iklan kotak tengah artikel

Iklan link tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak