Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kyai Ridwan Abdullah Sang Pencipta Lambang NU

setiap warga nahdliyin pasti tidak asing lagi dengan lambang nahdlatul ulama. (selanjutnya saya sebut NU). dan setiap warga nahdliyin tentu juga harus tahu sejarah dan asal muasal terciptanya lambang NU yang sakral ini.

Lambang NU diciptakan oleh kh ridwan abdulah beliau berasal dari surabaya. Salah seorang a'wan syuriah pada periode pertama di tahun 1926. Berikut dibawah kisah kyai ridwan abdullah sang pencipta lambang NU silahkan simak selengkapnya.

Kyai Ridwan Abdullah Sang Pencipta Lambang NU

Kyai Ridwan Abdullah Sang Pencipta Lambang NU
Kyai Ridwan Abdullah Sang Pencipta Lambang NU

Bermula dari persiapan muktamar NU yang ke 2 di kota surabaya, kyai wahab chasbullah selaku ketua panitia menugaskan kyai ridwan abdullah untuk membuat lambang NU. Mengingat kyai ridwan abdullah adalah seorang ulama sekaligus seniman yang mahir dalam menggambar dan melukis.

Namun terhitung sejak kyai ridwan ditugaskan oleh kyai wahab untuk membuat lambang NU sampai satu setengah bulan lamanya kyai ridwan belum berhasil juga membuatnya. Sampai mendapat "teguran" dari kyai wahab karena waktu muktamar sudah dekat.

Sebenarnya kyai ridwan sudah membuat beberapa sketsa untuk lambang NU tetapi belum ada yang sesuai. Sedangkan waktu diselenggarakannya muktamar sudah diambang pintu.

Akhirnya pada suatu malam saat semua orang terlelap tidur kyai ridwan mengambil air wudlu lalu sholat istikharah dengan harap mendapat inspirasi dan ilham.

Sesudah sholat istikharah kyai ridwan tidur sejenak. Dalam tidurnya kyai ridwan bermimpi melihat gambar di langit yang berwarna biru dan jernih. Nampak seperti bola dunia dikelilingi bintang,tali penyambung dan juga pengait.

Dari sinilah ilham dan inspirasi untuk menciptakan lambang NU berasal. Tersentak bangun dari tidurnya kyai ridwan langsung mengambil kertas dan langsung membuat sketsa dari apa yang tergambar dalam mimpinya.

Karena kecakapannya dalam menggambar dan melukis akhirnya lambang NU tersebut bisa terselesaikan lengkap dengan tulisan NU dalam bahasa arab dan tahunnya.

Begitulah kira kira sejarah dan kisah kyai ridwan abdullah sang pencipta lambang NU. Lambang yang sakral yang pasti juga mempunyai banyak arti dan dibuat bukan cuma menggunakan imajinasi seni tetapi juga menggunakan aspek spiritual. See ya 😀

10 comments for "Kyai Ridwan Abdullah Sang Pencipta Lambang NU"

  1. Artikelnya sangat bermanfaat bang, berikutnya coba posting makna yang terdapat dari lambang tersebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih gan,,,iya gan artikelnya sedang dalam proses,,tunggu updatean selanjutnya ya,,,

      Delete
  2. Logonya saja penuh dengan nilai filosofi yang tinggi. Hebat juga itu sang kyainya.

    ReplyDelete
  3. Selama ini saya cuma lihat saja gambarnya namun belum tahu bagaimana kisah awal pembuatannya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas memang gk semua orang tau sejarah terciptanya,,,

      Delete
  4. Wah, ternyata itu sejarah lambang Organisasi Islam terbesar Indonesia ya gan... Makasih, jadi tahu sejarah islam di Indonesia nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan kira kira begitulah sejarah terciptanya lambang nahdlatul ulama

      Delete
  5. wah ane malah baru tahu gan sejarah lambang nahdlatul ulama, makasih banyak gan atas sharingnya ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan sama sama semoga bisa menambah wawasan

      Delete