Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menabung? Berikut Tipsnya

Menabung bagi sebagian orang adalah hal yang sulit dilakukan. Padahal dari kecil kita pasti sudah diajarkan oleh orang tua kita tentang cara menabung. Mulai dari menabung di celengan ayam, menabung di dalam bambu, menabung di sekolahan dan lain-lain.

Dengan menabung kita diajarkan banyak hal seperti kedisiplinan, perilaku berhemat, tidak boros dan masih banyak lagi. Tapi saat sudah dewasa kegiatan menabung ini jadi berkurang. Semua itu dikarenakan karena gaya hidup dan kemajuan zaman sehingga membuat manusia menginginkan banyak hal. 

Tapi kegiatan menabung tetap harus dilakukan. Bukan cuma untuk anak kecil saja tapi orang dewasa dan orang yang sudah tua juga harus tetap menabung. Selain digunakan untuk membeli hal yang kita inginkan, dengan menabung juga membuat hidup kita lebih aman disaat nanti ada keperluan mendesak. Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana caranya supaya kita bisa menabung, ada baiknya kita tahu dulu ada beberapa macam cara yang bisa kita lakukan untuk menabung berikut ulasannya.

Berbagai macam cara menabung

Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menabung? Dan apa saja manfaat menabung?
Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menabung? Dan apa saja manfaat menabung?

1#menabung dirumah

Menabung yang paling mudah untuk kita lakukan adalah dengan menabung dirumah. Kamu bisa menabung di celengan atau dimanapun yang penting uangmu aman. Nilai uang yang kamu tabung juga bebas sesukamu. Misalnya menabung uang receh, menabung uang 5.000an, menabung uang 10.000an dan sebagainya.

2#tabungan deposito di bank

Cara lain yang efektif yaitu dengan menabung di bank. Menabung di bank mempunyai kelebihan yaitu lebih aman. Saya sarankan yaitu menabung di tabungan deposito. Karena dengan menabung deposito kita terhindar dari biaya admin bulanan dari bank. Tapi ada juga bank yang tidak ada biaya admin bank BTPN jenius misalnya. Selain dengan menabung di tabungan deposito kita juga akan mendapatkan keuntungan beberapa persen. Ini artinya tabungan kita akan berbunga uang kita akan bertambah dalam kurun waktu tertentu.

3#menabung di investasi reksadana

Cara menyimpan uang yang lain adalah dengan investasi reksadana. Cara ini mirip seperti deposito uang yang kita simpan akan bertambah beberapa persen dalam kurun waktu tertentu. Hanya saja bedanya pada investasi reksadana istilahnya bukan lagi menyimpan uang tetapi membeli saham. Dan saat mengambil uang kita menjual saham.

Bagaimana caranya supaya kita bisa menabung?

Nah setelah diatas kita sudah tahu berbagai macam cara Menabung dan jenisnya, kita juga harus tahu langkah-langkah agar rencana kita untuk menabung bisa terealisasikan. Berikut dibawah ini cara menabung yang pernah saya lakukan.

1#sisihkan sebagian dari penghasilan

Kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari penghasilanmu. Misalnya kalau kamu seorang karyawan dengan gaji 3juta perbulan kamu bisa menyisihkan 500 ribu untuk ditabung. Atau bila kamu pedagang yang hasilnya setiap hari, kamu bisa menyisihkan sehari 15 ribu. Tentu kamu bisa menyisihkan lebih apabila penghasilan lebih juga.

2#menabung uang receh

Siapa bilang uang receh tidak ada harganya. 100, 200 rupiah apabila kamu simpan di celengan ukuran besar bila penuh mungkin sudah terkumpul jutaan. Sangat lumayan kan? Uang receh kalau cuma 1 buah uang senilai 100 rupiah tentu sangat kecil harganya tapi kalau 1 celengan ayam ukuran besar terisi penuh uang 100 rupiah bisa kamu hitung sendiri pasti sudah Jutaan.

3#menabung dengan nominal khusus

Nah menabung uang dengan nominal khusus itu maksudnya begini kamu menabung dengan nilai nominal khusus misalnya 2000, 5000, 10.000 dan lain-lain. Jadi langkah pertama adalah tentukan dahulu berapa nominal uang yang akan kamu tabung misalnya nominal 5000, lalu setiap kamu mendapatkan uang dengan nominal 5000 langsung kamu masukkan ke dalam tabungan.

4#masukan hasil tabunganmu di rumah ke tabungan deposito atau investasi reksadana

Poin nomor 4 ini adalah langkah selanjutnya dari poin nomor 2 dan nomor 3. Saya umpamakan kalau kita menabung uang receh dan uang nominal khusus itu kita menyimpannya di dalam celengan, dan setelah celengannya penuh lalu kita pecahkan dan selesai kita hitung uangnya kita masukkan ke tabungan deposito atau investasi reksadana. Ini bertujuan agar uang kita yang jumlahnya sudah banyak itu aman.

Apa manfaat menabung?

Nah setelah diatas kita sudah banyak membahas tentang macam-macam, jenis dan cara menabung, sekarang biar makin semangat menabungnya akan kita jelaskan juga manfaat menabung silahkan simak selengkapnya.

1#menyediakan dana darurat dan dana cadangan

Uang tabungan bisa kita pakai juga sebagai dana darurat dan juga dana cadangan yang dimana sangat berguna pada saat mendesak seperti bencana alam dan semacamnya.

2#membuat kita tenang secara finansial

Bayangkan saja kalau kita tidak punya dana cadangan tentu hidup kita akan sangat menakutkan. Terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. Inilah fungsi uang tabungan yaitu sebagai backup.

3#melatih kedisiplinan

Dengan menabung kita juga secara tidak langsung sudah melatih kedisiplinan. Kedisiplinan dan konsisten tentang rencana menabung yang akan kita lakukan.

4#melatih hidup hemat

Dengan menabung kita juga bisa membiasakan hidup hemat, tidak boros dan sangat menghargai uang sekecil apapun nominalnya. Ingat ada pepatah mengatakan 
"Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya"
Itu artinya kalau kita berhemat maka kita kedepannya bisa kaya hehe.

Oke mungkin itu saja sedikit artikel tentang tips bagaimana caranya supaya bisa menabung dan apa saja manfaat menabung. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Jangan lupa baca juga artikel lainnya di blog ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

subscribe via email:

4 Responses to "Bagaimana Caranya Supaya Bisa Menabung? Berikut Tipsnya"

  1. Wah keren yah.. tambahan jangan lupa investasi juga ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh kan itu juga ada investasi tapi di reksadana

      Delete
  2. Menabung itu memang kuncinya niat.
    Mau berapapun duit kita, kalau memang udah niat nabung, pasti diusahain.
    Cuman memang sebaiknya menabung sejak masih single, biar jadi kebiasaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak masih kecil malah lebih bagus lagi kak hehe

      Delete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-apabila kamu suka artikel di blog ini kamu bisa subsribe via email atau follow blog ini agar mendapat update artikel terbaru dari blog ini.
-tombol follow blog ini ada dibagian atas/header dan dibagian bawah/footer.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link

Iklan kotak tengah artikel

Iklan link tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak