20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman dari suku Moringaceae ini berukuran kecil dengan daun berbentuk oval. Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Dengan kandungan vitamin, protein, dan mineral yang tinggi membuat tanaman ini sering dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi hidangan lezat.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh
20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor mempunyai senyawa yang bersifat antivirus, antijamur, anti inflamasi dan antidepresan. Sehingga banyak dikonsumsi sebagai obat herbal untuk kesehatan. Daun kelor juga mempunyai khasiat untuk menjaga kecantikan kulit karena mengandung vitamin yang beragam. Berikut manfaat daun kelor bagi kesehatan.

1#Menghilangkan peradangan
Peradangan dapat menyebabkan penyakit serius yaitu kanker dan jantung. Peradangan merupakan respon alami tubuh karena cedera atau infeksi. Daun kelor mengandung gizi yang cukup untuk menjaga mekanisme tubuh agar tetap berfungsi dengan baik dan stabil. Anti inflamasi yang ada dalam daun kelor mampu mengurangi peradangan pada tubuh.

2#Sebagai antioksidan
Tubuh membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Jika tubuh sedang lelah, radikal bebas mudah menyerang dan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit kronis. Daun kelor dapat dijadikan teh hangat dan dikonsumsi secara rutin. Karena tanaman ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

3#Mengurangi resiko penyakit kanker
Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh termasuk sebagai anti kanker. Ekstrak daun kelor dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh secara alami. Hal ini sudah dibuktikan pada penelitian kultur jaringan sel kanker serviks manusia dan hasilnya memang terbukti mampu mengurangi resiko kanker.

4#Menurunkan diabetes
Diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian. Dengan kandungan mineral yang tinggi, kelor dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Karena produksi insulin yang stabil dalam tubuh. Konsumsi daun kelor secara rutin bisa menurunkan diabetes dengan cepat dan signifikan.

5#Mengobati arthritis
Daun kelor juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit arthritis dan mengurangi rasa sakit. Ekstrak daun kelor dapat menurunkan kepekaan akibat rangsangan pada sendi rematik. Kombinasi daun dengan akar kelor dapat memberikan efek yang cepat untuk menurunkan rematik pada tubuh.

6#Menjaga kesehatan otot
Kandungan zat besi dan magnesium pada daun kelor mampu memberikan kesehatan pada otot. Seringkali otot mengalami kram karena kekurangan nutrisi. Jika kinerja otot menurun, anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan maksimal. Oleh karena itu, jaga kesehatan otot dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

7#Menjaga kesehatan pencernaan
Sebagai sumber kalsium dan serat, daun kelor mampu menjaga pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi memberikan rasa kenyang lebih lama. Sehingga berat badan tetap terkontrol dengan baik. Mengkonsumsi daun kelor juga dapat menjaga metabolisme tubuh agar tetap optimal.

8#Menurunkan kolesterol
Manfaat daun kelor untuk kesehatan jantung diawali dengan menurunkan kadar kolesterol. Karena kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung. Untuk menjaga jumlah kolesterol dalam tubuh bisa dengan mengkonsumsi daun kelor, gandum, dan almond. Daun kelor dapat dikonsumsi dengan mudah atau dijadikan olahan makanan.

9#Menyehatkan mata
Kandungan vitamin A yang tinggi memberikan manfaat daun kelor untuk kesehatan mata. Daun kelor mengandung vitamin A lebih besar daripada wortel. Sehingga mampu memberikan kesembuhan jika terjadi peradangan pada mata dan menjaga mata agar tetap sehat dan bersih.

10#Menjaga kecantikan kulit
Daun kelor mempunyai kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C dan protein pada daun kelor mampu menjaga sel kulit dari kerusakan. Terutama flek hitam yang muncul karena berbagai faktor, salah satunya paparan sinar matahari. Sehingga membuat kulit tetap halus, cantik dan terjaga dengan baik.

11#Menjaga kekuatan rambut
Dengan kandungan kalsium dan kalium dalam daun kelor memberikan perlindungan pada rambut anda. Daun kelor mampu menjaga kesehatan rambut dari kerusakan terutama dari sinar matahari yang membuat rambut pecah atau kering. Daun kelor dapat dijadikan masker untuk rambut dan kulit kelapa.

12#Memperlambat penuaan dini
Khasiat daun kelor tidak hanya untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, dapat memperlambat penuaan dini karena metabolisme tubuh yang tetap terjaga. Daun kelor mengandung antivirus dan antijamur sehingga tubuh terhindar dari virus dan penyakit. Dengan tubuh yang sehat, semua organ tubuh dapat berfungsi dengan sempurna hingga memasuki masa tua.

13#Menurunkan tingkat stress
Stress atau depresi dapat disebabkan karena banyak faktor. Depresi tidak baik untuk kesehatan, karena dapat menurunkan metabolisme tubuh. Jika tubuh sedang stress, penyakit akan mudah menyerang. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi seduhan teh daun kelor untuk menstabilkan pikiran dan menurunkan stress.

14#Menurunkan tekanan darah tinggi
Darah tinggi bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain. Karena kondisi tubuh yang tidak terkontrol dengan baik. Bahkan darah tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung jika tidak diatasi dengan cepat. Untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh, anda bisa mengkonsumsi daun kelor secara rutin.

15#Menjaga metabolisme tubuh
Khasiat daun moringa untuk menjaga dan melindungi metabolisme tubuh. Sehingga tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Jika metabolisme menurun, tubuh menjadi lemas dan mudah terserang virus. Jaga kesehatan tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, salah satunya daun kelor.

16#Meningkatkan kinerja otak
Daun kelor mengandung protein dan vitamin yang tinggi. Sehingga dapat meningkatkan kinerja otak. Terutama jika anda mempunyai banyak aktivitas, seperti belajar, bekerja, dan sebagainya. Otak membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap bekerja secara optimal. Jika asupan nutrisi berkurang, kinerja otak akan menurun. Oleh karena itu, Anda bisa mengkonsumsi daun kelor untuk meningkatkan kembali fungsi dan kinerja otak.

17#Mencegah anemia
Penyakit anemia memang cenderung terjadi saat memasuki usia manula. Namun, karena banyaknya olahan makanan yang mengandung bahan kimia, membuat anemia bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada kalangan muda. Untuk mencegah penyakit tersebut, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan daun kelor, semua asupan nutrisi anda terpenuhi dengan baik.

18#Mencegah kerusakan hati
Organ tubuh manusia harus tetap terlindungi dengan baik, termasuk hati. Asupan makanan yang salah atau depresi dapat menurunkan fungsi hati. Sehingga tubuh sering mengalami sakit dan masalah lainya. Untuk menjaga hati dan organ tubuh lain, anda bisa memanfaatkan daun kelor. Karena tanaman ini mengandung vitamin, magnesium dan zat gizi lain yang diperlukan oleh hati.

19#Menjaga kekuatan tulang
Tulang yang keropos dapat menyebabkan osteoporosis. Penyakit ini tidak hanya menyerang manula saja. Namun, semua orang yang tidak menjaga kesehatan tulangnya. Sebelum tulang menjadi rapuh dan keropos, anda harus tetap menjaga kesehatan tulang. Salah satunya dengan mengkonsumsi daun kelor.

20#Mencegah jamur dan virus
Daun kelor mengandung sifat anti jamur dan virus. Dengan kandungan tersebut, daun kelor sangat cocok dijadikan sebagai obat herbal untuk tubuh. anda bisa menyeduh kelor sebagai teh. Atau dapat diesktrak menjadi berbagai suplemen yang mudah dikonsumsi.
Menjaga tubuh tetap sehat bukan hal yang sulit, karena banyak tanaman berkhasiat yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, salah satunya daun kelor. Mari manfaatkan mulai dari sekarang. Baca artikel bermanfaat lainnya di firdausartikel.com

subscribe via email:

10 Responses to "20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh"

  1. Ya memang mas, sebab itu saya juga punya produksi daun kelor menjadi Teh Celup Ekstrak Kelor isinya 25 sachet, Rp. 30.000. Produk tersebut saya namai Adamssein Herba. Alhamdulillah banyak pasien yang sudah merasakan manfaatnya.

    ReplyDelete
  2. Keliatannya sepele, tapi manfaatnya segudang ya si daun kelor ini :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaatnya besar gan,,,bahkan katanya dunia aja tak selebar daun kelor hhhe

      Delete
  3. Mantap juga yaa manfaatnya banyak banget.. teyata daun kelor bagus juga ya buat menurunkan diabet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daunnya sih kecil kecil,,,tapi manfaatnya besar kak

      Delete
  4. Wowwww, serius sebanyak ini?
    Waktu kecil saya hampir tiap hari mah makan kelor, soalnya itu tanaman yang bisa ditemukan hampir di setiap rumah orang di Buton :D

    Jadinya, kalau mau nyayur, tinggal petik doang, dan praktis sih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ditempat saya di wonogiri belum banyak yang tau kalau daun kelor bisa disayur,,,kebanyakan buat pengobatan seperti patah tulang atau untuk anak rewel,,,

      Delete
  5. Waw ternyata sangat banyak ya manfaat daun kelor untuk kesehatan. Ditempat saya daun kelor juga bisa digunakan untuk mengusir guna-guna

    ReplyDelete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-apabila kamu suka artikel di blog ini kamu bisa subsribe via email atau follow blog ini agar mendapat update artikel terbaru dari blog ini.
-tombol follow blog ini ada dibagian atas/header dan dibagian bawah/footer.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link

Iklan kotak tengah artikel

Iklan link tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak