Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mencari Situs E-Learning yang Gratis Untuk Belajar di Rumah

Dengan ramainya penutupan sekolah di beberapa daerah karena virus corona. Nampaknya mulai banyak orang tua yang mempertimbangkan untuk belajar di rumah. Tentu saja orang tua bukanlah guru dan dapat mengajarkan semua materi di sekolah. Pelariannya biasanya mencari platform online yang dapat membantu anak belajar di rumah.

Kemendikbud sendiri memberikan beberapa rekomendasi untuk platform e-learning yang dapat diakses. Beberapa bahkan gratis. Ada beberapa platform yang menggunakan video ada juga yang menggunakan video live secara gratis. 
Mencari Situs E-Learning yang Gratis Untuk Belajar di Rumah
Mencari Situs E-Learning yang Gratis Untuk Belajar di Rumah

Berikut adalah 4 platform yang bisa diakses oleh para orang tua dan anak-anaknya untuk membantu dalam proses belajar mengajar. Berikut list platform e-learning gratis yang kami rangkum di bawah ini:

Ruang Guru
Dengan dihentikannya proses belajar mengajar di sekolah karena virus corona, Ruang Guru membuka program 'Sekolah Online Ruangguru Gratis'. Program ini akan dimulai pada Senin (16/3) dari pukul 08.00-12.00 WIB. Untuk bisa ikut kelas gratis ini hanya perlu mengunduh aplikasi Ruang Guru di App Store atau Google Play.

Zenius
Tak hanya Ruang Guru, Zenius juga menggratiskan fitur-fitur pembelajaran selama sekolah masih ditutup oleh virus corona. Melalui program Belajar Mandiri, fitur-fitur seperti video materi, soal, tryout bisa digunakan oleh siswa, guru, bahkan orang tua secara gratis. Untuk mencoba bisa langsung download Google Play atau App Store.

Sekolahmu  
Sekolahmu juga bisa jadi pilihan. Hampir sama dengan Ruang Guru dan Zenius, layanan yang diberikan berupa video materi, soal, dan juga tryout. Semua layanan juga digratiskan. Untuk mencoba bisa download aplikasinya di Google Play Store atau App Store. 

Rumah Belajar
Tak hanya para startup yang memberikan layanan e-Learning gratis. Kemendikbud juga memberikan layanan e-learning 'Rumah Belajar' untuk membantu proses belajar di rumah. Disana ada fitur video pembelajaran, kelas digital, bank soal, dan laboratorium maya. Untuk mengakses bisa menuju website Rumah Belajar di belajar.kemdikbud.go.id.


4 comments for "Mencari Situs E-Learning yang Gratis Untuk Belajar di Rumah"

  1. Ijin aku notes infonya, mas Eko.
    Infonya akan kutinjukkan ke para keponakanku, biar pelajaran sekolahnya tetap bagus meski sekolah diliburkan lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting itu mas,,,langsung saja disampaikan ke keponakannya

      Delete
  2. Trims infonya mas Eko, pas nih anak saya 3 lagi mau UN meski udah ditiadakan

    ReplyDelete