Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Bisnis Sewa dan Jual Beli Apartemen Laris Manis

Usaha di bidang properti merupakan ladang yang sangat menjanjikan. Termasuk di dalamnya bisnis sewa dan jual beli apartemen. Terutama di kota-kota besar dan dekat areal perkantoran serta lembaga pendidikan, bisnis ini lebih menguntungkan dibandingkan usaha kos dan kontrakan rumah. Namun kesuksesannya juga bergantung pada ketepatan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Bagi setiap pebisnis, kelancaran usaha merupakan tujuan utama. Lalu, bagaimana dengan penyewaan dan jual beli apartemen? Seperti apa tips agar bisnis tersebut dapat berjalan tanpa hambatan yang berarti?
Bisnis sewa dan jual beli apartemen
Bisnis sewa dan jual beli apartemen

Cara Supaya Bisnis Persewaan dan Jual Beli Apartemen Lancar

1# Pilih Apartemen Yang Strategis

Jika Anda ingin usaha sewa apartemen maupun jual belinya menarik banyak konsumen, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih gedung yang strategis. Tidak sekadar dari posisinya di mana dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti sekolah dan rumah sakit, tapi untuk unitnya juga usahakan memiliki view terbaik.

2# Tentukan Target Penyewa atau Pembeli

Apartemen bukan properti yang dapat dijangkau oleh semua kalangan, baik untuk disewa maupun dibeli. Hal itu karena tarif penyewaan maupun harga jualnya relatif lebih tinggi dibandingkan jenis properti yang lain, seperti rumah. Bahkan untuk unit apartemen biasa pun harga sewanya melebihi biaya kontrak di areal perumahan dengan tipe bangunan 36.

Sebab itu, Anda pun harus menentukan target sebaik mungkin untuk mempermudah dalam menjalankan bisnis sewa dan jual beli apartemen yang dimiliki. Adapun karakteristik calon konsumen yang tepat adalah sebagai berikut :
  • Termasuk dalam kriteria golongan menengah ke atas, sehingga tidak terbebani dengan biaya sewa maupun pembelian apartemen.
  • Lajang, pasutri tanpa momongan, dan keluarga kecil dengan jumlah anak tidak lebih dari satu orang. Sebab, ruang gerak di apartemen terbatas dan bukan termasuk lingkungan ideal untuk anak yang bertumbuh kembang.
  • Khusus untuk penyewaan apartemen, sebaiknya memilih tenant seselektif mungkin. Sebab, gedung disewakan tetap menjadi tanggung jawab pemilik. Jika oknum yang menyewa tidak bertanggung jawab, dapat menyusahkan pemilik sendiri.

4# Aktif Berpromosi

Salah satu kunci kesuksesan usaha adalah kegigihan dalam berpromosi. Ada beberapa metode pemasaran yang dapat diterapkan untuk usaha Anda, yaitu :

Memanfaatkan Situs Jual Beli

Berpromosi lewat situs jual beli apartemen dan properti merupakan salah satu cara yang ampuh. Tentu Anda akan dikenakan biaya jasa. Tetapi, pengeluaran tersebut biasanya sebanding dengan hasil promosi mereka. Pastikan memilih situs pemasaran dengan traffic atau lalu lintas ramai sehingga peluang mendapatkan konsumen lebih besar. Alternatif lainnya, Anda bisa membuat situs sendiri.

Sosial Media

Di era pengaruh sosial media begitu kuat seperti saat ini, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan usaha. Selain menawarkan melalui akun pribadi, bergabunglah juga dengan grup atau komunitas di bidang properti. Hal itu bagus untuk memperkuat koneksi sehingga berimbas positif pada bisnis Anda karena jangkauan usaha menjadi lebih luas.

Cara Konvensional

Cara promosi konvensional, meskipun tampak merepotkan, namun masih berhasil menjaring konsumen. Anda bisa melakukan promosi door to door dengan membawa selebaran berisi spesifikasi dan harga apartemen yang Anda sewakan dan jual. Melalui metode seperti ini, kedekatan dengan konsumen akan lebih terbangun sehingga menghasilkan simbiosis mutualisme yang lebih baik.

Penutup

Bisa dikatakan bahwa bisnis sewa dan jual beli apartemen tidak sulit, namun juga bukan berarti mudah. Pengusaha yang bersangkutan harus memiliki strategi yang bagus dan terarah untuk menjaring konsumen. Terutama mengingat target pasar untuk apartemen sangat terbatas. Namun dengan mengikuti tips di atas, hampir semua kesulitan tersebut dapat teratasi.