Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor

sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. bulan dimana setiap umat muslim wajib hukumnya untuk melaksanakan ibadah puasa. setelah puasa tentu kita akan memasuki hari raya idul fitri atau lebaran. bagi perantau dan karyawan swasta seperti saya, hari lebaran pasti identik dengan mudik dan tentu saja THR hahahahahaha *tertawa jahat.

tapi pada artikel kali ini saya tidak akan membahas tentang THR tapi tentang mudik. menjelang lebaran setiap perusahaan pasti meliburkan karyawannya. biasanya sih liburnya itu selama dua minggu. satu minggu sebelum lebaran dan satu minggu setelah lebaran.

nah hari libur yang lumayan lama ini dimanfaatkan para perantau untuk mudik atau pulang kampung. bertemu orang tua, sanak saudara dan teman-teman di kampung sana.

nah pada saat lebaran kita juga pasti tahu sendiri kan kalau harga-harga pasti pada naik. termasuk harga transportasi umum. seperti bus, kereta api dan lain sebagainya. dan naiknya itu nggak kira-kira bro.

sedikit berbagi pengalaman nih saya pribadi kalau mudik menggunakan transportasi umum biasanya menggunakan bus. harga tiket bandung - wonogiri kalau hari biasa itu rp. 150.000. nah kalau pas hari lebaran harga bisa mencapai rp. 400.000 bro. nggak kira-kira kan? mahal banget hahaha.

karena itulah transportasi pribadi alternatif seperti sepeda motor jadi pilihan. selain biaya jalan yang murah bahkan lebih murah dari transportasi umum pas hari biasa, mudik dengan sepeda motor juga mempunyai kesenangan dan sensasi tersendiri.

kelebihan dan kekurangan mudik menggunakan sepeda motor

pada dasarnya setiap kelebihan pasti juga ada kekurangan. begitu juga dengan mudik menggunakan sepeda motor. berikut dibawah ini beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan mudik menggunakan sepeda motor.
kelebihan dan kekurangan mudik menggunakan sepeda motor
kelebihan dan kekurangan mudik menggunakan sepeda motor

kelebihan

1# mudik menggunakan sepeda motor biaya jalannya sangat murah. saya pribadi perjalanan dari bandung ke wonogiri menggunakan sepeda motor vario 150cc untuk bensin hanya habis rp. 70.000.

tapi itu hanya untuk bensin. belum untuk konsumsi di perjalanan. lumayan kan? bisa memangkas ongkos. jadi bisa ngasih amplop untuk para keponakan hehehe.

2# mudik menggunakan sepeda motor itu seru bro. apalagi kalau mudiknya bareng sama teman-teman. serasa touring-touring begitulah hehe.

diperjalanan juga kamu bebas berhenti atau mampir ke suatu tempat. kalau saya pribadi sih mudik sambil berwisata. jalan-jalan sambil mudik hihi.

3# kelebihan lain dari mudik menggunakan sepeda motor adalah kita bisa menempuh perjalanan dalam waktu singkat dan bebas macet.

ya kita tau sendiri kan kalau sepeda motor bisa meliuk-liuk di tengah-tengah bis atau mobil yang berjajar rapi di antara kemacetan wkwk.

4# mudik menggunakan sepeda motor itu praktis. mau berangkat tinggal berangkat. tidak perlu nunggu bus datang.

mau istirahat tinggal istirahat. mau dimanapun tempatnya. asal jangan didepan rumah orang aja hehe.

kekurangan

1# mudik menggunakan sepeda motor itu beresiko tinggi. karena pada dasarnya sepeda motor itu bukan didesain untuk perjalanan jarak jauh.

ditambah lagi medan perjalanan yang jauh dan keamanan yang kurang membuat sebagian orang enggan untuk menggunakan sepeda motor sebagai sarana mudik.

2# berkendara dengan sepeda motor itu capek bro. bisa dibayangkan rentang waktu dari bandung ke wonogiri itu sekitar 12 jam.

kebayang nggak tuh pegalnya tangan dan pantat. biarpun sering beristirahat juga rasa pegal itu akan tetap ada apabila terus dilanjutkan untuk berkendara.

3# mudik menggunakan sepeda motor itu nggak bisa nyantai-nyantai apalagi tidur seperti di dalam mobil atau bus bro.

mata harus tetap fokus melihat jalan, tangan harus selalu siaga untuk menarik gas dan handle rem. apabila sepeda yang menggunakan transmisi manual kaki harus selalu siap mancal rem belakang dan pedal gigi.

4# mudik menggunakan sepeda motor itu harus kuat fisik dan mental bro. kalau hujan kehujanan kalau panas kepanasan. kecuali kalau menepi dulu ke emperan toko orang hehe.

beda lagi kalau kamu naik mobil atau bus. kamu bakal terlindungi dari hujan. kalau panas tinggal menghidupkan AC.

tips mudik lebaran menggunakan sepeda motor

tips mudik aman menggunakan sepeda motor
tips mudik aman menggunakan sepeda motor

1# persiapkan sepeda motor sebaik mungkin

tips yang pertama adalah persiapkan sepeda motor kita sebaik mungkin. pastikan kendaraan kita dalam keadaan prima dan layak jalan.

lakukan service full di bengkel yang bagus. perlu diingat kalau perjalanan kita bukan perjalanan jarak dekat jadi jangan setengah-setengah.

pastikan keadaan rem depan dan belakang dalam keadaan baik. ban depan belakang dalam keadaan layak pakai. pastikan juga oli dalam keadaan baru. dan lampu-lampu dalam keadaan baik.

2# pastikan badanmu dalam keadaan fit dan sehat

selain memastikan kendaraan dalam keadaan baik, kita juga perlu memastikan badan kita dalam keadaan fit dan sehat.

dijalan kita dituntut untuk fokus dan konsentrasi penuh. karena dijalan kita tidak bisa untuk bersantai atau tidur seperti di dalam bus. badan yang kurang sehat akan menimbulkan masalah apabila kita paksakan untuk berkendara.

3# jangan terlalu banyak membawa barang bawaan

kita tahu sendiri kalau sepeda motor itu tidak mempunyai space untuk menyimpan barang terlalu banyak. apabila kita paksakan untuk membawa barang bawaan terlalu banyak, keseimbangan dan kenyamanan kita dalam berkendara bisa terganggu. dan ini sangat berbahaya akibatnya sangat fatal.

maka dari itu bawa barang seperlunya saja. tak perlu membawa televisi atau karung beras ya gays,, jangan sampai terjadi kecelakaan hanya karena barang bawaan kita terlalu berlebihan.

4# pakailah perlengkapan berkendara yang lengkap

pakailah pakaian yang aman, nyaman dan juga hangat. pakailah jaket tebal atau jaket kulit agar dirimu tetap hangat dan angin tidak menembus sampai ke tubuhmu.

pakai juga helm standar SNI, sepatu yang nyaman, sarung tangan dan masker. masker disini sangat penting karena berfungsi untuk melindungi dirimu dari polusi udara dan agar tidak kedinginan.

disarankan juga menggunakan perlengkapan tambahan seperti pelindung dada dan juga deker untuk lutut dan siku. agar dirimu tetap safety dalam berkendara.

5# sandal jepit, karung plastik dan jas hujan

dalam perjalanan panjang seringkali cuaca tidak menentu. bisa saja di daerah sini hujan tapi di daerah sana tidak. atau malah sepanjang jalan akan hujan terus-terusan dan saya pernah mengalami itu pada saat perjalanan dari bandung sampai jogjakarta hujan terus tanpa henti.

lalu apa hubungannya cuaca hujan dengan sandal jepit, karung plastik dan jas hujan?

jadi begini, pada saat berkendara di cuaca hujan pilihan kita hanya dua yaitu menepi untuk berteduh atau tetap melanjutkan perjalanan.

tapi ada kalanya kita harus tetap melanjutkan perjalanan meskipun cuaca sedang hujan. pada saat inilah saya biasanya mengganti sepatu saya dengan sandal jepit. fungsinya supaya sepatu saya tidak basah karena kalau basah sepatu biasanya susah kering.

nah kalau karung plastik itu fungsinya agar barang bawaan kita seperti tas atau kardus tidak basah juga. jadi pada saat menepi saya biasanya memakai jas hujan, mengganti sepatu dengan sandal jepit dan melindungi barang bawaan dengan karung plastik.

6# isi penuh baterai handphone dan powerbank

ini juga penting untuk dipersiapkan. handphone bukan cuma sebagai alat komunikasi semata. hp jaman sekarang sudah dilengkapi dengan GPS dan juga google maps. bagi pengendara ini sangat penting.

saya biarpun sudah sering bolak-balik bandung-wonogiri tapi masih sering menggunakan google maps sebagai alat navigasi. semua itu demi kenyamanan berkendara dan untuk menghindari agar tidak salah jalan.

7# tetap santai, fokus, hati-hati dan berdoa di sepanjang perjalanan

perjalanan mudik bukanlah perjalanan yang sebentar. terkadang kita harus menempuhnya selama berjam-jam. buru-buru ingin cepat sampai dengan mengebut bukanlah tindakan yang tepat. malah akan menambah resiko kecelakaan. lebih baik kita berjalan dengan santai dan tetap fokus. lebih baik lama tapi sampai di kampung halaman dengan selamat daripada harus kebut-kebutan dan terjadi hal yang tidak diinginkan.

dan jangan lupa berdoa. usaha sudah kita maksimalkan, sekarang saatnya kita untuk meminta kepada Sang pemberi hidup agar kita selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari segala macam celaka.

penutup

mudik sudah menjadi tradisi tahunan di indonesia. pemerintah juga selalu memfasilitasi kita dengan baik. mulai dari pembangunan dan perbaikan jalan yang semakin nyaman untuk kita lewati.

pada saat mudik niatkan untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman. maka dari itu tetap utamakan keselamatan karena keluarga menunggu dirumah.

sekian artikel tips mudik lebaran dari saya. mudah-mudahan bisa membantu dan sedikit menambah wawasan agar kita selalu safety dalam berkendara khususnya berkendara menggunakan roda dua terima kasih.

subscribe via email:

2 Responses to "Tips Mudik Lebaran Menggunakan Sepeda Motor"

  1. Tahun ini mudiknya udah berdua yah... cie cie hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh bang day,,,bisa juga menemukan alamat baru saya hehehe,,,sepertinya begitu bang,,,mudik kali ini bakal berdua hehehe

      Delete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan native tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak