Manfaat Mengikuti Lomba Blog Untuk Mengasah Skill Blogging

Kemarin saya sudah memposting tentang 7 hal yang membuat semangat ngeblog turun. Pada artikel itu di point yang ke 5 saya menjelaskan bahwa salah satu hal yang bisa membuat semangat ngeblog turun adalah karena kita belum menghasilkan apa-apa dari blog yang kita kelola.

Kebanyakan blogger memang menggunakan google adsense atau situs periklanan lain untuk memonetize blog nya agar bisa menghasilkan. Tapi perlu diketahui, ada banyak hal yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa menghasilkan. Salah satunya adalah dengan mengikuti lomba blog.

Sampai saat ini yang saya ketahui lomba blog dibagi menjadi 2 yaitu kontes SEO dan lomba menulis blog. Berikut dibawah ini sedikit ulasan tentang kontes SEO dan lomba menulis blog.

Perbedaan mendasar antara kontes SEO dan lomba menulis blog

manfaat mengikuti lomba blog


kontes SEO

1# secara teknis penilaian pemenang lomba pada kontes seo itu berdasarkan posisi di search engine dengan kata kunci khusus(keyword) yang ditentukan oleh panitia lomba. Kebanyakan search engine yang dipakai adalah google.co.id

2# kontes seo ini mirip seperti balapan. Yang menjadi nomor 1 sampai batas waktu yang ditentukan dialah pemenangnya. Untuk itulah para peserta perlu menerapkan kaidah SEO. baik seo onpage ataupun seo offpage.

3# pemenang bersifat objektif karena bisa dilihat secara langsung oleh siapapun melalui search engine yang dipakai untuk penjurian.

4# ilmu yang dipakai tentu saja ilmu SEO. Karena dalam kontes seo pada intinya adalah bagaimana caranya menjadi yang nomor 1 di search engine dengan kata kunci yang sudah ditentukan oleh panitia.

Lomba menulis blog

1# secara teknis penilaian lomba menulis blog itu dilakukan oleh juri.  Dan jurinya ini bukanlah search engine, melainkan orang yang sudah kompeten di bidang tulis menulis. Jadi bisa dikatakan ilmu SEO tidak terlalu dibutuhkan dalam lomba menulis blog.

2# penilaian bukan berdasarkan keyword tapi berdasarkan tema. Jadi bisa dikatakan lomba menulis blog bukanlah lomba balapan.  Tapi lomba yang bertujuan untuk mencari tulisan siapa yang paling Bagus dengan kriteria tertentu.

3# pemenang bersifat subjektif berdasarkan keputusan para juri dan belum bisa dilihat dimanapun kecuali para juri sudah mengumumkan siapa pemenangnya.

4# ilmu yang dipakai bukan lagi ilmu seo. Bukan lagi tentang siapa yang jadi nomor satu di search engine. Tetapi ilmu tulis menulis. Dengan kriteria tertentu. Siapa yang tulisannya paling Bagus, alur cerita yang menarik dan informatif dialah pemenangnya.

Manfaat mengikuti lomba blog untuk mengasah skill blogging

1# setiap perlombaan pasti ada hadiahnya

setiap perlombaan pasti akan ada hadiahnya untuk para pemenang. termasuk lomba blog baik itu kontes seo ataupun lomba menulis blog.

dan jangan salah, setiap lomba blog biasanya hadiahnya bisa mencapai jutaan rupiah. lumayan kan kalau menang? disinilah tantangannya, setiap peserta pasti menunjukkan kemampuan terbaiknya dan berusaha semaksimal mungkin agar menjadi juara.

2# sebagai ajang untuk mengasah skill blogging

lomba blog juga bisa kita gunakan sebagai ajang untuk mengasah skill blogging kita. kamu bisa mengikuti kontes seo untuk mengasah dan melihat sudah seberapa jauh skill kita dalam hal seo. begitu juga dengan mengikuti lomba menulis blog.

dalam lomba blog, tentu saja kamu juga akan bersaing dengan banyak peserta untuk memperebutkan hadiah lomba. maka dari itu kamu harus mengerahkan seluruh kemampuanmu dalam hal blogging karena peserta lain juga pasti melakukan hal yang sama.

dan pada saat akhir perlombaan adalah waktu untuk mengevaluasi skill dan kemampuanmu. apabila kamu masih kalah berarti masih ada yang kurang dan harus diperbaiki. apabila kamu menang tentu saja kamu berhak atas hadiahnya. tapi jangan sombong dulu. di perlombaan selanjutnya kamu belum tentu menang haha.

3# membuat dirimu dan blogmu menjadi terkenal

manfaat lain dari mengikuti lomba blog adalah kamu bisa menunjukan eksistensi dirimu dan juga blogmu di belantara internet dan juga di dunia blogging. istilah lainnya adalah unjuk gigi. apalagi kalau kamu menang dalam sebuah kompetisi blog, kamu pasti bakal jadi orang yang diperhitungkan di dunia blogging.

selain itu, manfaat lain dari mengikuti lomba blog adalah kamu akan mendapatkan backlink. biasanya para panitia lomba akan memberikan informasi seputar siapa saja peserta yang mengikuti lomba blog itu. dan biasanya akan dicantumkan juga link blog/link url yang dilombakan oleh peserta.

4# semangat ngeblog jadi naik, ngeblog jadi lebih seru

seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1, setiap perlombaan pasti ada hadiahnya dan hadiah itulah yang pasti membuat kita bersemangat untuk mengikuti lomba blog. semangat mengikuti lomba blog otomatis semangat ngeblog juga naik.

aktivitas blogging kita juga akan jadi lebih seru. akhir perlombaan adalah hal yang selalu dinantikan. dalam hati kita pasti bertanya-tanya
“siapa ya pemenangnya?”
“artikel buatanku menang gak ya?”
yaa,, rasa penasaran memang selalu membuat seru suasana. apalagi pada saat suasana perlombaan.

5# mendapat ide untuk membuat artikel

yang namanya lomba blog pasti kita diwajibkan untuk membuat artikel yang akan dilombakan dengan keyword atau tema tertentu yang sudah disiapkan oleh panitia. nah tema atau keyword itulah yang jadi ide kita untuk membuat artikel. selanjutnya tinggal kita buat tulisan dengan alur cerita yang sesuai dengan tema.

pada dasarnya blogger yang sering mengikuti lomba blog pasti blognya gado-gado atau membahas segala hal. karena tema dari setiap perlombaan pasti beda-beda. blog gado-gado memang mempunyai keunikan tersendiri dibanding blog yang membahas 1 niche. salah satunya adalah keragaman tema dan alur cerita yang tidak itu-itu saja.

penutup

mengikuti lomba blog bagi blogger memang mempunyai tantangan tersendiri. kita sebagai blogger juga tidak melulu sibuk berpromosi untuk mencari visitor, tapi blogger juga ditantang untuk membuat konten artikel yang bagus, layak baca dan mempunyai alur cerita yang menarik.

saya sendiri juga menyarankan untuk rekan blogger semua untuk sesekali mengikuti lomba blog. selain siapa tahu bisa memenangkan hadiahnya, aktivitas ngeblog kita juga menjadi seru karena ada sedikit tantangan dengan mengikuti kompetisi.

ok kalau begitu cukup sekian artikel manfaat mengikuti lomba blog dari saya, mudah-mudahan bermanfaat dan membuat sahabat blogger semua tertantang untuk mengikuti lomba blog yang banyak diselenggarakan di internet. terima kasih sudah membaca artikel ini sampai tuntas dan ditunggu artikel terbaru ekopriantoblog selanjutnya dilain kesempatan. see ya.

subscribe via email:

68 Responses to "Manfaat Mengikuti Lomba Blog Untuk Mengasah Skill Blogging"

  1. Mas admin sendiri sering memenangi lomha blog ya ?.

    Keren niih ...
    Ajarin dong cara-cara biar memenanginya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ikut sih udah banyak mas cuma dari sekian puluh kompetisi yg pernah saya ikuti yg nyantol baru 1 wkwk

      Delete
    2. lumayan om, udah ada yang nyantol, lha saya malah belum pernah ikut...

      Delete
    3. hihihi,,,,cobain ikut om,,,,itung itung ngeramein aja hhe

      Delete
    4. Ayo mas hilmawan, ikut lombanya,..trip of mine,...mempersembahkan, teknik seo petualangan tanpa batas,..ha-ha 😂

      Delete
    5. kalau mas himawan ini cocoknya ikut lomba traveling pasti menang nih hihi

      Delete
    6. saya mau ikut lomba takut nanti bikin malu diri sendiri malah, saya lihat blog3 yang sering ikut lomba udah mazter2 semua soalnya,,, heheeh

      Delete
    7. betul,,,udah nyerah duluan deh kalau lihat pesertanya yang udah jago jago,,,kitanya cuma blogger biasanya sedangkan saingannya para penulis yang udah ngeluarin banyak buku wkwkwk,,,tapi ya siapa tau aja sih hehehe

      Delete
    8. betul om, kadang kita udah merasa PD, eh begitu lihat yang udah amster2 itu, aduh,,, ciut nyali...

      Delete
  2. wah belum pernah nih gan ane ikutan lomba blog, soalnya nggak punya sekil blog yang bagus, dan takut kalah juga sih ane hahaha :D
    makasih banyak gan buat informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain gan itung itung adu nasib wkwk

      Delete
    2. Waduh, jangan diadu mas nasibnya, nanti pada tawuran loh,..ha-ha 😂

      Delete
    3. gpp koh,,,,daripada adu domba hehehe

      Delete
  3. Ada juga sih pengen ikutan challenge dengan ikutan lomba, biar semangat dan mendapatkan manfaatnya seperti poin-poin di atas, tapi...koq ya selalu mikir-mikir apalagi kalo harus nulis panjaaaang banget dan analisa segala..uhhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mbak,,,ikut lomba blog harus mau mengikuti peraturan dan kriterianya,,,dan itu menurut saya pibadi juga susah,,,secara kita nulis blog aja sesuka hati kita,,,

      Delete
    2. Benar mas Eko, sejauh ini yang bsa saya tulis adalah topic-topic yang saya sukai saja dan saya kuasai....:)

      Delete
  4. Aku kok setiap kali lomba kalah melulu ya ha ha ha. Mungkin gak bisa masuk kategori ya tulisanku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum beruntung aja mas,,,,secara saingannya juga hebat hebat,,,hehehe

      Delete
    2. Lomba nulis koding ada gak ya, kategori web app.

      Delete
    3. gak tau sih mas kalau lomba,,,tapi kalau freelance bikin web web gtu banyak yang butuh mas,,,coba buka di sribulancer

      Delete
  5. saya nyerah deh kalau masalah beginian. skill menulis saya masih jauh dari cukup....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti agan sudah menyerah dulu sebelum berperang nih hihi,,cobain dulu gan,,,

      Delete
  6. saya setuju sekali kalau lomba blog dijadikan sebagai ajang mengasah sklill, jadi pemenang oke, ngak menang juga ngak bakalan nangis,hahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini nih,,,,generasi optimis yang diperlukan bangsa ini wkwkwk,,,itung itung nambah artikel di blog ya kang,,,

      Delete
    2. IYA.Mas...asal LINK Eksternalnya di jangan lupa di Cabut, kalau ngak menang,heheheh......

      Delete
    3. wkwkwkw boleh juga nih,,,belum saya cabutin tuh link eksternalnya hehe

      Delete
  7. sepertinya yang paling kompetitif itu lomba blog kontes seo ya gan, biasanya rame banget pesertanya berlomba-lomba untuk bisa bikin blog muncul di halaman pertama google. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,,,,lomba blog hadiahnya memang lumayan,,,,pasti berjuta juta sih hadiahnya

      Delete
  8. Ayok ah semangat ngeblog.. biar pundi pundi rupiah semakin besar

    ReplyDelete
  9. selama hampir satu dekade ngeblog, saya belum pernah tuh ikutan lomba blog. udah minder duluan rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw cobain dulu mas,,,keberuntungan orang kan beda beda hehehe

      Delete
  10. wah belum berani ikut belum pede nulisnya. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pede aja gan,,,,bodo amat deh ama yg lain wkwkw

      Delete
  11. Wah, keren blognya,..mungkin ini pertama kalinya saya kesini ya,..sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri dulu mas, karena ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta,...ea,...saya kuanyu, blogger asal kota pangkal pinang, hobi saya membaca dan mengetahui sesuatu yang baru,kalau bicara soal blogging memang boleh saya katakan menarik mas ya untuk mempertajam teknik seo,...ea,..selain itu bisa menambah link serta baclink, jadinya seru, tapi jujur saya belum pernah mengikuti lomba blog karena di tempat kami sendiri aktivitas blogging mungkin terdengar masih jarang ya,...he

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah halo mas kuanyu salam kenal juga,,,untuk mengikuti lomba blog dan semacamnya kita bisa kok mas mengikuti secara online. untuk info lombanya juga banyak bertebaran diinternet,,,

      Delete
    2. Wah, boleh juga tuh idenya,...ikut lomba online blog,..ha-ha 😀

      Delete
    3. wah,,,selama ini kompetisi blog memang kebanyakan dilakulan secara online mas,,,

      Delete
  12. wah jadi inget kakak ponakan saya gan, dia punya blog dan isinya post lomba semua. Kemarin baru dapat hadiah kulkas dan hadiah uang tunai 10 juta rupiah dari lomba blog. Bener-bener hebat dia bisa juara getu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan memang jago dia buat menangin kontes lomba, kalau ane kok minder gan mau ikutan lomba kayak getu, kawatir dan nggak siap kalah gan hehhehe :D

      Delete
    2. kalau belum siap ya jangan ikutan gan hehe,,,ya kadang kita juga harus menyesuaikan dengan niche blog kita,,,kecuali kalau blog gado gado aih gak masalah hehe

      Delete
    3. wah cocok ni gan, kebetulan blog ane juga isi nya gado-gado, apa saja tak tulis di blog gan :D tapi masalahnya mungkin umur blog yang masih baru kali ya sehingga belum siap bersaing dengan blog master master :D

      Delete
  13. Setiku, ikut blog punya banyak keuntungan.. Selain untuk mengasah kemampuan menulis, kita juga punya blog post baru, dan siapa tahu bonusnya menang...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia,,,,soal menang atau kalah mah belakangan,,,yang penting dapet postingan hehehe

      Delete
  14. Sepengalaman saya pernah mengikuti lomba kontes seo ada banyak cerita setelah mengikuti website penyelenggara, intinya kita dapat memperoleh ilmu baru dalam dunia per bloggingan,,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul,,,,selebihnya kita pasti mengharapkan hadiahnya sih hehehe

      Delete
  15. bener banget nih kak, ikutan lomba bikin skillblog semakin tinggi dan makin pinter.. tau celah2 dimana biar menang.. semangat ikutan lomba kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah udah gak semangat kalah terus soalnya dan sekarang susah susah wkwkw

      Delete
  16. Waahhh saya belum pernah ikut lomba soalnya belum terlalu bisa untuk menulis....Terkadang membaca saja aku sulit...Semoga tulisan ini bisa menginspirasi buat saya kedepannya Nanti..😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah masa sih membaca aja masih sulit? masih mengeja gitu? wkwkwk

      Delete
  17. Setuju sama-semua poin-poinnya, lomba blog memang banyak manfaatnya, bahkan kalaupun kita nggak ngincer jadi juara.

    Sy sendiri malah niat ikutan lomba buat nyari backlink, lumayan itung-itung kyk guest post di blog orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sendiri sih ngincer biar ada artikel terbaru diblog saya hehe,,,tapi akhir akhir ini kompetisi blog mengangkat tema yang kurang bisa saya kuasai jadi saya tinggalkan dulu untuk sementara hehe

      Delete
  18. Saya jarang ikutan kontes, soalnya kebanyakan kontes memakai tema finansial atau teknologi, agak kurang sreg rasanya.

    ReplyDelete
  19. Wah, lomba blog memang memberi banyak kesan dan pengalaman berharga buat blogger termasuk saya. Saya sendiri selama ini hanya menulis untuk saya dan Google saja, selama artikel ada di halaman pertama buat saya itu dah cukup. Tapi sejak ikutan lomba blog saya jadi sadar kalo tulisan saya ternyata masih jauh dari kata 'memuaskan.' Baru kali ini seumur-umur pengen banget belajar nulis supaya artikelnya lebih enak dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini nih bos informasi kompetisi blog hehe,,hehehe tapi betul juga gan,,,tulisan untuk google emang cocok kalo ikut kontes seo,,,kalau lomba menulis blog,,,beda lagi hehe

      Delete
  20. Banyak banget memang ya manfaat jika mengikuti lomba blog ini. Nah, buat yangikutan tapi masih belum menang ya jangan putus asa dong. Semangat ^^

    ReplyDelete
  21. saya banget ini lumayan sering ikutan lomab blog tapi lebih sering kalah.
    tapi seru sih jadi nambah ilmu baru.. hehe..

    kalo kontes seo saya belum pernah ikutan, belum gitu ngerti.. hehe

    ReplyDelete
  22. Seru memang kalau ikut lomba2 yang diadakan oleh blog..Namun skil kita jagu setidak nya harus ada...

    Kan hadiahnya terkadang menggiurkan..😄😄

    ReplyDelete
  23. Gw mah gak pernah ikutan lomba nulis blog. Dasar gw anaknya males, bisa update blog sendiri aja udah bersyukur. Sekarang yang gw gak punya itu waktu. Pengen sih ikutan, walopun buat hore-hore aja.

    ReplyDelete
  24. terkadang yang bikin males ikutan lomba blog itu banyak banget syarat nya gan, dan juga resiko penyelenggara kabur juga tinggi, lomba scam ini yang sangat merugikan apalagi diikuti para blogger bisa rugi waktu dan tenaga :D

    ReplyDelete
  25. mengekspor dan mengasah skill itu sesuatu yang warrrr biasyah mas, jadi lebih tahu dimana letak kekurangan dan kualitas dalam diri kita terhadap dunia blogging

    ReplyDelete
  26. Keren sekali ini admin udh ikut lomba banyak banget, kemampuannya jadi semakin terasah dan mumpuni karena pengalaman

    ReplyDelete
  27. Dari sekian kontes dan lomba, belum ada yang sesuai niche blog saya hehehe. Klopun ada kayaknya lom pede juga :D

    ReplyDelete
  28. sampai sekarang saya masih belum bisa optimasi seo

    ReplyDelete
  29. Wahhh masih cupu buat ikut lomba blog, saya sharing informasi lombanya aja deh, cek di post blog saya :D

    ReplyDelete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan native tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak