Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pemanfaatan Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif

bingung juga apabila setiap melihat atau membaca berita terjadi demo di beberapa daerah yang tidak menerima kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM atau tarif listrik.

Saya juga Bukan bermaksud untuk membela pemerintah, karena saya pribadi juga tidak menerima apabila harga BBM dan tarif listrik terus melambung.

Hal ini terus menerus menjadi paradigma dan kebingungan di tengah masyarakat.

Ingin terus menggunakan sumber energi fosil tapi harganya mahal dan terus melambung tinggi, tapi disisi lain kita hidup memang tidak bisa lepas dari sumber energi ini. Kita sebagai masyarakat sebetulnya tidak bisa terus menerus menyalahkan pemerintah karena memang perlu kita ketahui minyak, batu bara, bensin, solar dan sebangsanya itu termasuk sumber energi fosil yang terbentuk secara alami dalam jangka waktu yang lama.

Bisa kita bayangkan, kita menggunakan sumber energi itu setiap hari sedangkan sumber energi itu terbentuk dalam rentang waktu yang lama selama bertahun-tahun. Dan pasti stok energi ini akan menipis. Belum lagi perusahaan dan industri-industri yang pastinya menggunakan sumber energi ini dalam jumlah yang lebih besar.

Apabila stok sumber energi fosil menipis akhirnya terjadi kelangkaan, karena kelangkaan inilah akhirnya pemerintah menaikkan harga. Karena harga sumber energi fosil naik, akhirnya tarif listrik ikut naik karena sumber energi fosil digunakan untuk menggerakkan turbin yang berfungsi menghasilkan energi listrik yang selanjutnya didistribusikan ke masyarakat.
Sumber energi alternatif sinar matahari
Sumber energi alternatif sinar matahari

Matahari sebagai pusat energi yang belum dimanfaatkan secara maksimal

Kita semua tahu kalau matahari adalah pusat sumber energi yang ada di alam semesta ini. Tapi itu semua masih sekedar teori belaka. Karena faktanya energi matahari ini sendiri belum dimanfaatkan secara maksimal.

Didaerah saya di wonogiri sana khususnya kecamatan slogohimo belum lama ini diadakan penyuluhan tentang pemanfaatan energi panas matahari. Dan juga tiap warga dibagikan secara gratis sebuah panel surya. Panel surya ini berfungsi menyerap panas dan mengubahnya menjadi energi listrik serta menyimpannya. Biarpun belum sebesar listrik dari PLN tapi energi listrik dari panel surya ini bisa menghidupkan beberapa lampu untuk semalam dan menyalakan alat penanak nasi lumayan kan?

Kelebihan dari pemanfaatan energi surya adalah sumber energi yang tidak terbatas. Selama matahari masih ada tentu energi surya akan tetap ada. Tentu ini menjadi peluang sebagai sumber energi alternatif untuk menunjang ketahanan energi nasional.

Sedangkan kekurangannya adalah kita tahu kalau matahari hanya ada pada saat waktu siang jadi kalau malam hari tidak tersedia. Selain malam hari energi matahari juga akan hilang pada saat cuaca hujan dan disinilah tantangannya.

Ditengah kelangkaan energi konvensional memang sudah seharusnya penggunaan energi alternatif ini mulai dimaksimalkan. Terutama sumber energi matahari. Karena selain tak terbatas sumber energi matahari juga ramah lingkungan.