Ternyata Dulu Komputer Bentuknya Sebesar 7x Lipat Ruang Tamu

Perkembangan teknologi di zaman sekarang seperti yang kita lihat memang sangat pesat. Dan terbukti kita sendiri juga sangat merasakan efek manfaat dari perkembangan teknologi tersebut. Dan yang saya rasakan perkembangan teknologi khususnya komputer, semakin canggih semakin kecil dan tipis pula bentuknya.

Perlu kita ketahui teknologi komputer yang kita pakai sekarang tidak serta merta langsung berbentuk seperti sekarang yang simpel, ringkas, ringan dan portable atau bisa bebas kita bawa kemana-mana.

Komputer elektronik pertama didunia berukuran 7x ruang tamu.

Komputer elektronik pertama didunia ini bernama “ENIAC” mesin ini mampu mengungguli kemampuan manusia. Mesin ini mampu menyelesaikan perhitungan matematis yang apabila dikerjakan oleh manusia memakan waktu 20 jam tapi dengan mesin ini mampu diselesaikan hanya dalam waktu 30 detik saja.
Komputer pertama di dunia
Source : id.quora.com
Meskipun sangat cepat di masanya, mesin komputer ini memakai energi listrik yang sangat besar dan memakan tempat yang lumayan luas. Yaitu sekitar 7x ruangan tamu. Dan setiap dua hari sekali harus mengganti tabung hampa (vacuum tube) yang berfungsi sebagai prosesor.

Dengan pemakaian listrik yang besar, space yang sangat besar juga yang hampir 7x lipat ruang tamu dan komponen yang harus diganti hampir setiap hari, Bisa kita bayangkan sangat merepotkannya mesin komputer ini apabila ada di zaman sekarang.

Laptop pertama di dunia yang mempunyai berat 11 kilogram

Begitu juga dengan perkembangan laptop. Laptop yang sekarang kita kenal portable, praktis, simple, dan ringan ini ternyata pada awal diciptakannya mempunyai bobot seberat 11 kilogram dan dengan ukuran yang lumayan besar.
Laptop pertama di dunia
Source : wikipedia.com
Komputer portable pertama di dunia ini bernama osborne 1 diciptakan pada tahun 1981 oleh adam osborne dan dirilis oleh osborne computer corporation. Disebut-sebut sebagai kakek buyut dari laptop modern jaman sekarang.

Laptop pertama di dunia ini mempunyai sambungan listrik dan juga baterai cadangan dan dilengkapi juga dengan 2 floppy drive, modem port dan juga keyboard. Yang membuat saya agak aneh adalah komputer portable ini mempunyai bentuk yang lumayan besar tapi hanya dilengkapi dengan layar monitor 5 in. Agak aneh sih menurut saya.

Laptop modern, semakin canggih, semakin tipis dan simpel bentuknya

Di atas sudah diulas sedikit tentang nenek moyang dari komputer dan laptop. asal muasal dari komputer dan laptop jaman sekarang yang spesifikasinya jauh lebih canggih dan juga dengan bentuk yang lebih kecil dan simpel.

Apabila kita ikuti perkembangannya dari masa ke masa perangkat komputer atau laptop bentuknya tidak langsung kecil dan sesimpel sekarang. Tetapi mengalami fase dan bertahap diikuti kecanggihan teknologinya.

Dulu saya pernah mempunyai laptop yang dimana tebalnya hampir setara dengan buku kamus bahasa inggris dengan bobot hampir 3 kilogram dan dengan spesifikasi prosesor dual core, RAM 1 gigabyte dan hardisk sebesar 160 gigabyte. Itu waktu saya berumur 19 tahun.

Sedangkan baru-baru ini adik saya mempunyai laptop yang hanya setebal buku komik dengan bobot yang ringan, dengan casing yang lebih kuat dan juga spesifikasi yang bagus yaitu RAM 4 gigabyte prosesor yang cepat i7 dan hardisk sebesar 500 gigabyte. Hanya dengan kurun waktu sekitar 5 tahun saja laptop yang saya punya sudah dianggap barang jadul dan klasik.

3 seri asus zenbook terbaru, laptop paling ringkas di dunia

Dari ulasan diatas kita bisa tahu bahwasanya para nenek moyang dari perangkat komputer dan laptop dulunya mempunyai bentuk yang besar dan bobot yang berat pastinya.
Asus zenbook seri terbaru
Source : www.bloggerian.com
Lalu pada akhirnya seiring perkembangan zaman bentuk dari laptop itu terus menyusut menjadi lebih simpel dan dengan teknologi yang lebih canggih tentunya.


Hingga pada akhirnya asus mengeluarkan 3 seri asus zenbook terbaru yaitu asus zenbook 13 ux333, asus zenbook 14 ux433 dan asus zenbook 15 ux533. Yang diklaim sebagai laptop paling ringkas dikelasnya di dunia karena telah menggunakan desain frameless nanoEdge display yang menghadirkan bezel ultra tipis karena pada empat sisi layarnya dibuat hanya dengan ukuran 2,8 milimeter sampai 5,9 milimeter saja. Ukuran yang jauh lebih kecil dibanding laptop pada umumnya.

Perbedaan utama dari 3 seri asus zenbook terbaru ini adalah pada ukurannya. Asus zenbook ux333 mempunyai layar 13 inci sedangkan asus zenbook ux433 mempunyai layar berukuran 14 inci. Kedua laptop ini mempunyai fitur unik numberpad. Yaitu tombol numpad yang terintegrasi langsung dengan touchpad. Sedangkan pada seri asus zenbook ux533 mempunyai ukuran 15 inci dan dilengkapi tombol numpad fisik.

3 seri asus zenbook terbaru ini juga dilengkapi dengan teknologi ergolift design yang membuat bodi sedikit terangkat dan membentuk sudut 3 derajat. Sehingga membuatnya nyaman untuk dipakai mengetik.

Ditambah lagi pada 3 seri asus zenbook terbaru ini pada keyboardnya menggunakan key-travel sejauh 1,4 milimeter dan juga LED backlit yang membuat kegiatan mengetik menjadi jauh lebih nyaman walaupun dalam keadaan gelap.
Asus zenbook seri terbaru
Source : www.bloggerian.com
Spesifikasi gahar untuk laptop tipis dan simpel
Ketiga asus zenbook seri terbaru ini ditenagai dengan prosesor kencang intel generasi 8. Dalam seri zenbook ux333 dan zenbook ux433 disematkan GPU NVIDIA MX150 sehingga membuat seri asus zenbook ux333 dan ux 433 ini sangat unggul dalam hal performa grafis. Dan juga untuk kebutuhan bekerja sehari-hari.

Sedangkan pada seri zenbook ux533 tidak tanggung-tabggung dilengkapi GPU NVIDIA GeForce MTX 1050 Max-Q. Sehingga membuat laptop seri asus zenbook ux533 ini sangat bisa diandalkan untuk menjalankan beberapa aplikasi yang membutuhkan performa grafis extra seperti video editor dan juga untuk bermain game. Jadi buat kamu para gamer wajib nih memiliki laptop seri asus zenbook ux533 ini.

Performa ketiga seri asus zenbook ini semakin gahar dengan didukung penggunaan NVMe SSD sebesar 512GB. perlu diketahui NVMe SSD adalah generasi setelah SSD SATA yang memiliki kemampuan baca dan tulis yang lebih cepat dibanding SSD SATA. Selain itu ketiga seri asus zenbook ini tertanam RAM dengan kapasitas sebesar 16GB. bisa dipastikan segala aktivitasmu menggunakan laptop ini akan sangat lancar dan apabila digunakan untuk bermain game tidak ada lag.
Spesifikasi asus zenbook seri terbaru
Tabel spesifikasi
Konektivitas lengkap dan keamanan extra serta tangguh
Semua seri dari asus zenbook terbaru ini dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap. Mempunyai koneksi yang cepat dan stabil dengan mengandalkan dual-band WiFi 802.11ac (2x2). Dari segi konektivitas nirkabelnya dilengkapi dengan bluetooth 5.0 sehingga bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat external. Sementara untuk konektivitas kabel asus zenbook seri terbaru ini semua disokong serangkaian port seperti USB type-A dan type-C juga dilengkapi kabel HDMI dan combo audio jack untuk audio dan video.

Ketiga seri asus zenbook terbaru ini biarpun diklaim sebagai laptop tertipis tapi memiliki body yang kokoh dan tangguh dari seri sebelumnya. Laptop ini juga mengantongi sertifikasi standard military MIL-STD-810G. Karena ketiga laptop ini sudah lulus pengujian kekuatan yang extrem mulai dari uji ketinggian, uji kelembaban sampai uji banting dan getaran. Jadi untuk kamu yang punya mobilitas tinggi, tidak perlu khawatir karena laptop ini aman dan cukup kuat  untuk kamu bawa kemana-mana.

Oke Deh demikianlah sedikit ulasan tentang komputer dan laptop pertama di dunia mudah-mudahan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Dan juga sedikit review dari seri terbaru asus zenbook yaitu zenbook ux333, zenbook ux433 dan zenbook ux533 mudah-mudahan bisa kamu jadikan referensi untuk upgrade laptop kamu kedepannya.



subscribe via email:

28 Responses to "Ternyata Dulu Komputer Bentuknya Sebesar 7x Lipat Ruang Tamu"

  1. Baru tau ane komputer sm laptop jaman dlu:D

    ReplyDelete
  2. Kalo sekarang yang ukuran 7x ruang tamu tuh storage super komputer

    ReplyDelete
  3. wah serem juga ya ukuran komputer saat ini, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, terbentuklah laptop dengan desaign yang menarik dan tipis.

    ReplyDelete
  4. benar sekali mas dulu saya juga ngalami komputer yang masih pakai disket yang besar dan diajarinya dir/w atau apa sudah lupa trus mainan yang ada pacman tapi sudah sangat senang sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe betul sekali,,,yang monitornya besar pake layar tabung dan biasanya warnanya putih,,,kadang ada juga yang warna hitam hehehe

      Delete
  5. Wah besar juga ya nenek moyang komputer dan laptoo jaman dulu,,,pasti dijaman dulu walaupun masih seperti itu pasti udah dianggao keren,,,,

    ReplyDelete
  6. wkwkwkwk gimana yah kalo zaman dulu mahasiswanya di wajibin bawa laptop
    . laptop seberat 11 KG ....
    nenteng nenteng ke warung kopi sambil nulis nulis blog .... tiap hari bawa gitu tanngan gede juga wkkwkwkwkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  7. Jadi inget laptop punya ayah saya dulu, tebel banget kyk batu bata, wkwkwk (g segitunya juga sih), tapi beda bgt sama sekarang tipis-tipis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan,,,tipis tipis,,,tapi soal kapasitas malah lebih besar,,,

      Delete
  8. Besarnya laptop zaman dulu. Kalau beli letak kat rumah, mesti makan ruang satu bilik kan? Huhu..

    ReplyDelete
  9. Duh, ngga nyangkaaaa ..., dulunya instalasi ruang komputer segede gaban ..., beruntungnya sekarang sudah berhasil bikin seringkas itu.
    Ngga bisa bayangin, kalo sekarang masih kayak gitu gedenya hadeuuh .., bisa-bisa ngga muat deh rumah buat nampungnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah untungnya jadi kids jaman now mas wkwkwk

      Delete
  10. Baca artikel ini bikin saya jadi tahu laptop jadul itu seperti apa. Berat juga ya 11 kg. Beda banget sekarang tinggal 1 kiloan saja. Keren Zenbook

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berat 1 kolan, bentuk tipis tapi spesifikasi gahar kalo laptop jaman sekarang

      Delete
  11. ckckckck, semacam bersyukur hidup di zaman sekarang, saat teknologi jadi semakin ringkas.
    Kalau dulu mah, belum tentu semua orang bisa mengenal teknologi, jika fisiknya aja memerlukan ruangan besar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak....coba kalau jaman sekarang komputer besarnya masih sebesar 7x ruangan tamu...dijamin pada gak punya komputer tuh dirumahnya wkwkwk

      Delete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan native tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak