Tips Menjadi Gamer Profesional

Bermain game memang hal yang mengasyikkan. Selain menghilangkan jenuh juga untuk hiburan dikala waktu senggang. Apalagi kalau bermain game online, selain lebih seru juga lebih menantang karena lawan main kita adalah manusia juga, dengan skill dan kemampuan yang berbeda-beda juga.

Di Zaman sekarang bermain game juga bisa dijadikan profesi. Banyak gamer profesional yang jadi miliarder karena memenangkan turnamen bersama timnya.

Tapi prestasi itu tentu saja tidak bisa diraih dengan mudah. Dibutuhkan kerja keras dan juga pengorbanan waktu dan tenaga untuk latihan. Tidak heran diperlukan juga modal untuk membeli device yang mumpuni.

Berikut dibawah ini ada beberapa tips yang saya dapatkan dari beberapa pro player gamer yang jam terbangnya sudah tinggi. Dan sering memenangkan turnamen game berskala besar.
Tim pro player
Tim pro player evil geniuses
1# pilih dan tekuni game yang sering mengadakan turnamen
Di Postingan saya yang sebelumnya membahas tentang beberapa game yang sering mengadakan turnamen dan dengan hadiah yang fantastis. Nah dari sedikit gambaran itu kamu bisa memilih game mana yang akan kamu tekuni.

Pahami seluk-beluk game itu, cara mainnya, aturan mainnya dan juga hal-hal yang perlu diketahui termasuk informasi terupdate dari game itu.

2# tingkatkan skill dan peringkat

Pada tahap kedua inilah yang lama prosesnya. Meningkatkan skill dan peringkat di dalam game online itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Hal ini dikarenakan dalam game online itu lawan mainnya adalah manusia seperti kita juga, dengan skill dan kemampuan yang berbeda-beda. Semakin tinggi peringkatmu tentu juga diisi oleh para pemain yang skillnya juga tinggi.

Peringkat di dalam game online adalah suatu hal yang penting. Karena semakin tinggi peringkat semakin tinggi juga tingkat skillmu. Dan itu juga berarti kamu sudah berhasil mengalahkan banyak orang.

Nah disinilah poin pentingnya biasanya klub-klub esport akan tertarik untuk merekrut para player yang mempunyai peringkat tinggi.

Hal ini tentu sangat wajar. Setiap klub esport menginginkan klub berisi para player yang berskill tinggi. Dan peringkat dalam game bisa dijadikan acuannya.

3# bergabung dengan tim atau komunitas

Bergabung dengan tim dan komunitas akan membantumu mewujudkan impian menjadi pro gamer. Selain kamu akan mendapat banyak teman, relasi dan juga kenalan, kamu juga akan mendapatkan lawan sparing untuk menguji sampai sejauh mana skill bermainmu.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan rekan team yang kompak dan hebat. Dalam game bergenre moba (multiplayer online battle arena) diperlukan kerjasama tim yang kompak dan hebat untuk memenangkan pertarungan.

Selain itu juga kamu bisa mendapatkan pengalaman baru, trik rahasia, info kompetisi game dan lain-lain. Dengan banyaknya teman tentu wawasan kita juga akan semakin luas.

4# miliki paling tidak 1 orang teman dekat pro player

Kita semua tahu kepribadian seseorang bisa disebabkan karena pergaulan dengan teman-temannya.

Kamu bergaul dengan orang baik kamu juga akan ikut menjadi orang baik.

Kamu bergaul dengan pro player bisa saja kamu akan ketularan menjadi pro player.

Tapi perlu saya ingatkan juga bertemanlah dengan seseorang bukan karena ada maunya. Niatkan secara tulus untuk menambah teman dan sahabat.

Berteman dekat dengan pro player akan membantumu meningkatkan skill mu. Kamu bisa berlatih dan belajar bersama dengan pro player, tanya jawab, konsultasi dan melihat caranya bermain.

Dari sini mungkin ada beberapa hal yang bisa kamu tiru dan bisa meningkatkan skill bermain mu. Bukankah berlatih itu harus dengan ahlinya? Betul tidak?

5# rekam permainanmu dan upload ke youtube

Merekam hasil permainan disini bertujuan untuk mengevaluasi dan melihat sudah sejauh mana permainanmu.

Setelah melihat permainanmu sendiri kamu akan bisa menyimpulkan dimana letak kesalahanmu, dimana letak kelemahanmu dan dimana letak kekuranganmu dalam permainan. Dengan begitu bisa kamu perbaiki dan latih lagi cara bermainmu.

Nah kalau upload ke youtube sendiri bertujuan agar kamu bisa memperoleh kritik dan saran. Dan kalau kamu beruntung apabila permainanmu bagus, mungkin ada klub esport yang menonton dan tertarik untuk merekrut mu.

Pernah saya disarankan oleh salah satu pro player dari game aov(arena of valor) untuk merekam dan mengupload ke youtube. Tanpa proses editing, kalah atau menang, baik atau buruknya permainanmu yang penting upload saja. Dari sini kamu akan memperoleh feedback yang keras tapi membangun. Entah itu cacian atau makian.

Tapi kamu harus tetap fokus. Kamu disini bukan untuk menjadi youtuber. Kamu disini ingin menjadi pro player. Dan feedback penonton sangat diperlukan untuk peningkatan skillmu.

6# cobalah mengikuti turnamen untuk unjuk kebolehanmu

Nah biasanya setelah kamu tergabung kedalam suatu tim atau komunitas kamu pasti juga akan memperoleh informasi seputar turnamen. Bentuklah tim lalu cobalah mengikuti turnamen itu.

Jangan berharap juara dulu. Ini sebagai latihan mental. Karena faktanya terkadang kamu jago bermain pada saat sendirian tapi kamu akan payah pada saat mengikuti turnamen. Hal ini bisa saja disebabkan karena atmosfer dalam turnamen memang beda. Dan bisa juga karena kamu canggung karena belum terbiasa.

Cobalah terus untuk mengikuti turnamen yang ada. Kalau kalah anggap saja pembelajaran untuk kamu evaluasi bersama tim mu. Kalau menang anggap saja itu bonus.

Turnamen kecil-kecilan biasa diadakan oleh pihak developer sebagai babak penyisihan. Dan nanti yang tersisa pasti adalah tim terbaik. Biasanya tersisa 16 atau 8 besar pertandingan akan dipertontonkan kepada orang banyak.

Atau terkadang turnamen juga diadakan oleh perusahaan teknologi sebagai ajang promosi produk mereka.
Juara kompetisi game online
Juara kompetisi game online
7# internet yang kencang dan stabil
Game yang diperlombakan esport adalah kebanyakan game online yang harus tersambung dengan internet untuk bisa memainkannya.

Bermain game online akan lebih nyaman apabila internet yang kita pakai mempunyai kecepatan yang tinggi dan stabil. Maka dari itu gunakanlah provider penyedia internet yang cepat dan sesuai dengan daerahmu tinggal.

Sejago apapun kamu bermain game apabila internet kamu lambat, permainanmu juga akan payah. Grafis video akan ngelag dan patah-patah. Atau bahkan akan keluar sendiri.

8# gunakan device yang berspek tinggi Dan gearset pendukung

Selain internet yang cepat dan stabil menjadi gamer profesional juga harus didukung oleh perangkat device yang mempunyai spesifikasi tinggi. Atau paling tidak mampu memainkan game itu agar tidak ngelag dan patah-patah.

Aksesoris atau gear set pendukung kamu juga harus punya. Seperti misalnya headphone gaming, mouse gaming, mousepad gaming dan juga keyboard gaming.

Beda lagi kalau kamu ingin menjadi pro player gamer mobile gear set yang kamu butuhkan tidak terlalu banyak. Misalnya smartphone, headset, modem dan lain-lain.
Asus zenfone max m2
Asus zenfone max m2
Smartphone spek gahar yang cocok untuk gaming
Bicara soal smartphone yang cocok untuk gaming, kamu bisa menggunakan asus zenfone max m2. Smartphone ini mempunyai spek yang lumayan tinggi dengan harga yang terjangkau.

Asus zenfone max m2 mempunyai kapasitas baterai sebesar  4000mah. Dengan kapasitas baterai sebesar ini tentu aktivitas bermain game kita juga akan lebih lama.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan layar 19:9 resolusi HD dengan sistem operasi pure android oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

Di Dalam smartphone ini juga tertanam prosesor qualcomm snapdragon 632. Prosesor ini merupakan upgrade dari prosesor qualcomm snapdragon 625 yang mempunyai performa tinggi, hemat daya dan tidak panas saat digunakan untuk bermain game.
Tabel spesifikasi asus zenfone max m2
Tabel spesifikasi asus zenfone max m2
Penutup
Menjadi pro player dan menjuarai banyak turnamen game memang impian banyak gamer termasuk saya dulu. Tapi semua itu dibutuhkan pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan juga uang yang tidak sedikit. Tidak lupa juga dengan bakat.

Jadi bila kamu sudah menerapkan semua cara di atas tapi tetap saja tidak bisa meraih impianmu untuk menjadi gamer profesional mungkin kamu harus coba hal lain. Jadi blogger profesional mungkin? Hehe


subscribe via email:

26 Responses to "Tips Menjadi Gamer Profesional"

  1. Saya jealous bangat sama professional gamers....apalagi kalo liat Tyler Blevins yang ngetop...asik bener, menghasilkan banyak uang dengan main game...btw Asus Zenfone Max bisa dijadiin langkah awal buat yang berminat jadi prof gamers yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting spek gahar om,,,dan asus zenfone max m2 punya spek yang gahar juga

      Delete
    2. Kak Lantana kok om sih, mas ?.
      Kak Lantana itu cewek
      Hehehe :)

      Delete
    3. Hehehe iya mas,,,pas bales koment sih om,,,pas saya blogwalking ternyata female hehebe

      Delete
    4. Makasih banget mas Hino, udah dibantu ngeralat..;)

      Delete
    5. Maafkan kesalahan saya kak hhhe

      Delete
  2. cocoknya artikel ini dibaca temen saya yang suka game bingits, ampe tengah malam bahkan ga tidur main game.. emang asus buat game gakan lag sama sekali.. saya pun pake asus.. serius gak iklan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bgtu temennya suruh baca tulisan ini kak hhhe

      Delete
  3. Ini dia 22nya bisa dibilang ponakanku banget : ngegame dan asus.

    Ponakanku yang cowok ituuu ..., hobinya ngegame berat.Kemana2 hp gk lepas dari tangannya, ngegame lagi dan lagi.
    Pas diajak travelling aja, juga gitu.
    Ngga fokus lihat2 pemandangan, malah mantengin hp dan mainin jari terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Generasi hp miring ya mas hehehe

      Delete
    2. Hohoho ...
      Betul itu :D

      Mamanya kadang sampai jengkel lihat hobinya itu.
      Lah gimana ..., jalan ke kamar mandi saja sambil mainin game.
      Pernah jadi nabrak pintu wwwkkwkk !

      Delete
    3. Wkwkw,,,harus disalurkan itu mas,,,daripada cuma jadi hal yg mubazir,,,siapa tau ada bakatnya

      Delete
  4. wah bisa dijajal juga nich untuk bisa jadi gamers profesional

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat buat referensi jadi youtuber gamer

    ReplyDelete
  6. Kalau komunitas sih menurutku memang penting banget untuk mendukung skill gaming, apalagi sekarang ini game telah diakui oleh kalangan akan kebutuhannya. Bahkan smartphone sekelas Asus sudah ada yang didesain untuk gaming. Keren kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kak,,,perusahhaan teknologi sepertinya mulai menganggap kalau gaming adalah hal yang serius dan patut untuk dikembangkan,,,

      Delete
  7. Kameranya mantap, jadi ingin beli nih. cocok buat saya yang suka photo-photo plus main game. alhamdulillah kalau bicara soal internet, punya saya kenceng wifinya.

    ReplyDelete
  8. zaman sekarang malah udah ada jurusan kuliahnya, aku pernah baca jurusan e-sport.
    gamer itu bisa dijadikan profesi yg bisa menghasilkan memang, semakin canggih org membuat game perlu apresiasi juga untuk para user.

    ReplyDelete
  9. hehehe saya juga suka main game tapi pake laptop sebenarnya senang main game tapi kalau sudah main malah kadang lupa waktu karena biasanya susah buat berhenti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha betul,,,kalau menang ingin terus lanjut kalau kalah bikin penasaran akhirnya ya lanjut hehehe

      Delete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan native tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak