Peranan Blogger Untuk Menciptakan Situasi Internet Indonesia Yang Kondusif

Tulisan ini sebenarnya adalah gagasan dari pemikiran saya sendiri yang prihatin melihat suasana internet indonesia yang kacau, penuh dengan tipu daya, cacian, makian, saling serang, pembajakan, pencurian data dan masih banyak lagi kekacauan lainnya.

Tapi memang tidak semua sisi atau bagian di internet indonesia penuh dengan hal seperti itu. Masih banyak juga hal positif di internet indonesia yang masih bisa kita temukan. Dan menurut saya blogger adalah salah satu dari pengguna internet yang memegang kunci suasana kondusif di internet indonesia.
Situasi internet indonesia
Situasi internet indonesia
Setiap blogger pasti mempunyai akun facebook, fanspage, akun twitter, akun google+, linkedin, pinterest dan banyak lagi sosial media lainnya. Yang dia gunakan untuk menunjang blognya agar bisa lebih banyak menarik pengunjung.

Dan pasti setiap blogger juga paham tentang search engine optimization, social bookmarking atau forum-forum yang juga dia gunakan untuk menarik pengunjung menuju blognya.

Tapi ada yang lebih penting daripada itu, ya konten. Content is the king. Karena hal-hal di atas itu semua adalah alat yang digunakan blogger untuk mendistribusikan dan menyebarkan konten di dalam blognya.

Tapi yang jadi masalah adalah sekarang sangat banyak blogger yang demi mendapatkan pengunjung dia menyebarkan konten yang sebenarnya dilarang untuk disebarkan. Seperti halnya konten download aplikasi bajakan, film bajakan, konten copy paste, konten bermuatan SARA dan lain sebagainya.

Hal ini tentu saja berbahaya dan mengganggu situasi kondusif internet indonesia. Bayangkan saja kita ibaratkan disini bermula dari satu orang blogger yang membuat konten SARA. Dengan judul yang provokatif, clickbait dan mengada-ada.

artikel itu teroptimasi dengan baik di blognya. Sehingga dengan mudah bisa menduduki posisi puncak di search engine google dan yang lainnya.

Lalu dia menshare di akun facebooknya, di fanspagenya, di grup-grup facebook. Karena judulnya yang clickbait dan akhirnya banyak orang yang tidak tahu dan mudah percaya akhirnya ikut menyebarkannya lalu artikel itupun viral.

Belum lagi saat dia mensharenya di twitter dengan hashtag yang juga provokatif. Akhirnya banyak juga yang meretweet dan menggunakan hashtag itu. Lalu hashtag itupun viral dan menjadi trending topik.

Belum lagi saat dia menyebarkannya artikelnya di situs social bookmarking, forum-forum online dan web directory yang akhirnya membuat blognya banyak pengunjung dan membantu membuat blognya itu peringkatnya naik.

Dari gambaran ini kita bisa tahu, apa yang didapat oleh blogger itu?

Ya, traffik. Traffik = uang.

Lalu apa yang kita dapat selaku pengguna internet indonesia? Kekacauan, berita hoax yang berakhir dengan saling serang, fitnah, dan akhirnya permusuhan.

Tidak semudah itu memang memviralkan konten yang kita buat dan kita posting di blog kita. Tapi langkahnya ya memang begitu itu. Membuat konten, memberi judul yang bombastis lalu tinggal di share, share dan share. Apabila judul konten bisa membuat orang lain tertarik dan isi konten bisa membuat pikiran orang berubah tentu si pembaca akan menshare dan akhirnya berita hoax itu akan viral.

Dari sini apa kita rela untuk dipecah belah, diadu domba, saling fitnah, saling serang dan dimanfaatkan oleh orang yang hanya menginginkan traffik dan mencari recehan dari internet? Tentu tidak kan.

Nah dari sinilah peran kita sebagai blogger dan juga pengguna internet khususnya sosial media. Blogger mempunyai dua peran di internet. Yaitu sebagai produsen konten dan juga distributor konten. Dan pengguna internet yang lain adalah konsumen.

Maka dari itu kita sebagai blogger marilah mulai sekarang kita memproduksi konten yang sehat dan aman dikonsumsi. Konten yang beredar di internet adalah tanggung jawab kita sebagai blogger. Marilah kita membuat konten yang bermanfaat, tidak mengganggu siapapun, tidak membuat kekacauan, hoax, adu domba dan yang lainnya.

Baca juga : cara mengalahkan berita hoax

Dan juga untuk para pengguna internet khususnya pengunjung blog ini dan pengguna sosial media, mari mulai sekarang kita lebih bijak dalam memilih, memilah dan menyikapi konten yang beredar. Penyebaran konten di internet juga ada di tangan para pengguna internet.

Mungkin itu saja sedikit gagasan dan pemikiran saya yang saya tuangkan di dalam blog ini. Baik tidaknya tergantung anda semua para pengunjung dan pembaca artikel ini yang menyikapi. Sekali lagi saya katakan mari kita ciptakan suasana internet indonesia yang kondusif dan aman.

subscribe via email:

Iklan link

Iklan kotak tengah artikel

Iklan link tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak