Bahaya Mana Blog Copy Paste Atau Blog Hoax?

Tidak bisa kita pungkiri membuat konten artikel blog yang berkualitas dan original adalah hal yang melelahkan dan menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran juga.

Karena itulah tidak heran kalau membuat konten yang berkualitas juga memerlukan waktu yang relatif lama dalam membuatnya. Karena pada dasarnya banyak tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

Karena hal itulah banyak blogger yang menempuh jalan pintas untuk memperbanyak konten di blognya. Salah satunya adalah dengan mengcopy paste artikel orang lain dan diakuisisi lalu dipublish di blognya sendiri. Tanpa izin dan menyertakan sumber.

Dulu awal-awal ngeblog saya juga demikian. Saya juga pernah menjadi seorang blogger copy paste. Hanya demi memuaskan rasa malas dan sedikit recehan dollar, saya mau melakukan kejahatan itu. Tapi sekarang tidak lagi. Sumpah :D
Bahaya Mana Blog Copy Paste Atau Blog Hoax?
Bahaya Mana Blog Copy Paste Atau Blog Hoax?

Yap, memang copy paste konten artikel orang lain dari dulu sampai sekarang juga masih banyak dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, pemalas dan tidak punya kemampuan membuat konten. Tapi keinginannya ingin dapat uang dari blog. Itu mimpi di siang bolong.

Sekarang penilaian search engine tidak dilihat dari kuantitas, tapi ada banyak hal yang mempengaruhi penilaian konten kita di search engine, salah satunya adalah kualitas dan originalitas. Jadi buat kamu yang ngeblog dengan cara copy paste konten orang lain jangan harap untuk bermimpi bisa sukses.

Bahaya Mana Blog Copy Paste Atau Blog Hoax?

Lain dulu lain sekarang. Terutama hal yang saya rasakan. Blogger yang berbahaya bertambah satu lagi. Yaitu blog yang berkonten hoax dan clickbait. Mulai saya rasakan kemarin sekitar tahun 2014 sampai sekarang. blog dengan konten hoax dan clickbait mulai menjamur.

Tidak cuma blogger, tapi juga video youtube, facebook, twitter juga mulai sesak dipenuhi dengan konten-konten hoax dan clickbait. Yang berisi ujaran kebencian, fitnah, dan adu domba. Hal ini mulai saya rasakan semakin gencar pada saat pilpres pada tahun 2014.


Tingkat bahaya

Menurut yang saya lihat, tingkat bahaya dari blog copy paste dan blog hoax juga bermacam-macam. Mulai dari kerugian materi, pencurian konten, fitnah, perubahan persepsi masyarakat bahkan peperangan.

Kerugian yang ditimbulkan oleh blog copy paste

Copy paste konten bisa dikategorikan sebagai pembajakan karya cipta. Dan ini juga sudah ada undang-undangnya.

Memang rasanya sangat menyakitkan kita yang capek-capek membuat karya, seluruh tenaga, pikiran dan waktu kita curahkan untuk membuat karya itu.

Tapi setelah di publish karya kita lalu di copy paste dan diakuisisi orang lain. Dan sialnya lagi blog yang mengcopy paste itu malah memiliki banyak pengunjung karena karya yang kita buat. sedangkan kita tidak mendapat apa-apa karena sudah kalah tenar. Tentu sangat menyakitkan.

Dampak yang ditimbulkan dari blog copy paste ini tentu saja akan menimpa diri kita sendiri. Kerugiannya pun kita yang menanggungnya. Dan menurut saya itu tidak terlalu bahaya. Masih sangat bahaya blog yang bermuatan konten hoax, fitnah, ujaran kebencian dan adu domba. Kenapa saya bilang begitu?

Kerugian yang ditimbulkan oleh blog hoax

Blog hoax sudah tidak lagi memikirkan kerugian apabila konten di blognya di copy paste. Malah justru itu yang diinginkan.

Lho kok begitu?

Pemilik blog hoax sudah tidak lagi memikirkan masalah karya dan hak cipta. Konten yang bermuatan hoax itu dicopy paste orang lalu di publish lagi dengan harapan kontennya viral dan bisa mempengaruhi banyak orang.

Disinilah bahayanya, konten yang berisi ujaran kebencian, fitnahan dan adu domba apabila sampai kepada orang yang mudah percaya kepada informasi yang sedang viral akan bisa mempengaruhi pikiran orang itu untuk saling membenci, saling hujat dan lain sebagainya. Asal tahu saja, konflik di timur tengah juga terjadi dengan adanya hal semacam ini.

Dengan adanya konten seperti ini kita bisa dengan mudah memfitnah orang, membenci orang, menghujat orang dll. Dampaknya apa? Dampaknya tentu saja kita bisa saling membenci dan bisa saja terjadi peperangan seperti yang terjadi di timur tengah sana.

Lebih parahnya lagi situasi ini malah dimanfaatkan oleh elite politik untuk mencari kemenangan. Dalam mencari kemenangan mereka(elite politik)tidak lagi beradu program atau argumentasi. Mereka malah memanfaatkan situasi ini (hoax, ujaran kebencian, fitnah, adu domba) untuk mengalahkan lawan politiknya.

Di media sosial kita akan banyak sekali menemui istilah “cebong” dan “kampret” siapakah mereka? Saya tidak akan menjelaskan siapa mereka kamu bisa cari tahu sendiri tentang istilah itu. Tapi yang pasti mereka adalah korban cuci otak lewat konten bermuatan hoax dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh elite politik.

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya ambil dari kedua bahasan ini adalah blog copy paste dan blog hoax itu sama bahayanya. Tapi apabila saya disuruh memilih yang manakah yang paling bahaya dan sangat bahaya? Blog yang bermuatan konten hoax, ujaran kebencian, fitnah dan adu domba lah yang paling bahaya.

Demikianlah artikel saya tentang dampak bahaya dari blog copy paste dan blog hoax. Kamu bisa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu agar mereka selamat dari pencurian hak cipta dan juga cuci otak yang bisa menimbulkan perpecahan. Salam damai indonesiaku. Mari kita ciptakan situasi internet indonesia bebas dari pembajakan dan konten bermuatan hoax, ujaran kebencian, fitnah dan adu domba.


subscribe via email:

28 Responses to "Bahaya Mana Blog Copy Paste Atau Blog Hoax?"

  1. Iya keduanya bahaya
    konten copy-paste berbahaya
    Article hoax pun lebih berbahaya
    Jadi saya tetap memiliki berpuisi cinta

    Walau sangat lama
    Pengunjung tetap ada
    Hati merasa bahagia
    Bisa menjaga blog terus berbunga

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya yang bahaya itu adalah blog copy paste yang berisi Hoax,sudah copas tanpa mencatumkan sumber, eeee...bohong lagi. Hahahahah...gwattt bloggernya... :)

    ReplyDelete
  3. konten plagiat yang saya tahu tidak kena dampak hukum, makanya ulah ulah plagiat makin hari makin menjadi, susah diberantas.

    tetapi konten HOAX bisa bisa berbuntut rumah apartemen,

    mau rumah apartemen cuma cuma dari dinas Lapas, bikin saja konten hoax sebanyak banyaknya

    ReplyDelete
  4. Sama bahayanya sih, tapi lebih bahaya hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoax bisa sangat bahaya apabila kita mudah percaya dan penyebaran hoax itu dilakukan secara masif

      Delete
  5. jadi kepoooo dengan pengalamannya bikin blog yang isinya copas, soalnya saya lagi bete berat, menemukan artikel saya 99,99% di copas oleh sebuah blog.
    99,99% karena semua persis, selain backlinknya jadi ke situs gak jelas.

    Kesalnya lagi, gak cuman 1 atau 2, tapi puluhan.
    Yang baru bisa saya catat sekitar 50 artikel, dan itu masih banyak lagi.

    Udah gitu, laporin ke Google atuh maaahh remponggg.
    Akhirnya belum saya tindak lanjuti lagi.

    Yang bikin saya pengen ngakak itu adalah, semua juga tau kalau postingan saya itu banyakan curhat horenya, alias amat sangat personal.

    Aneh banget artikel gitu juga di copas dan disandingin dengan beragam copasan artikel orang yang kesemuanya masalah tekno atau blogging..
    hhhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yg seperti menggunakan agc,,,dia tidak memikirkan soal niche,,,yg dia ingin cuma agar blognya banyak kontennya,,,

      Delete
  6. Baru paham ada bog hoax. Jarang nyimak blog yang aneh isdinya dan terbatas pada blog lingkaran pertemanan narablog.
    Cuma, pernah berkunjung pada situs informasi beragam, soal kesehatan. Tentang kangkung yang bisa berbahaya dimakan jika tanpa pengolahan tertentu. Ada lintah di dalam batangnya. Serem juga.
    Blog copas, wow, gimana kalau isi tulisan saya dicopas yang tak bertanggung jawab? Lalu dia tenar? Dan apakah google akan mendeteksi mana yang lebih dahulu tayang? Saya lagi mindahin isi blog lama ke blog baru. Takut juga jika telah ada yang copas. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kangkung memang bahaya bu,,,apabila masaknya dicampur pestisida wkwkwk

      Delete
  7. Perlu kerja bersama mengkampanyekan untuk tidak mudah memshare info dari blog2 hoax pada lingkungan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,,,paling tidak blogger lah yang harus memulainya,,,

      Delete
  8. Kalo ditanya soal dampaknya, menurut saya bahaya semua bang.
    cuma biasanya blogger yang copas itu rata rata pemula, pada akhirnya insaf (pengalaman pribadi). Kalo blog hoaks mah, memang bahaya (tak punya riwayat)


    Salam kenal

    ReplyDelete
  9. Bicara blog kopas, ampun eee saya jadi lemas de rasanya. tetapi menyoal HOAX dan Ujaran Kebencian menurut saya itu yang paling berbahaya.

    Memang kedua-duanya hal yang tidak etis pada aspek apa pun, tetapi jika boleh berpendapat. Konten kopi paste hanya masalah si kopas - sang encipta - si korban. intensitasnya tidak seberapa, walau nyesak juga rasanya karena saya pernah mengalami, bukan mengalami kopas tetapi mengalami sakitnya artikel saya dikopas 100 % tapi sudahlah ini ujian dan tantangan ngeblog, namun soal HOAX jujur ini tanggung jawab kita bersama, termasuk blogger untuk memberi edukasi dan menghadirkan sudut pandang yang lebih jernih, karena kita adalah pewarta. Jika tidak ditangani, bahayanya Generasi penerus bangsa AKAN RUSAK dengan sendirinya, duh benar ga si komen saya mas?

    ReplyDelete
  10. Jangan Copas dan hoax gaess....
    Apalagi copas yang hoax, wadduuhhh....:(

    ReplyDelete
  11. Keduanya tindakan tidak baik.
    Dan pasti ada hukum karmanya untuk itu.

    Semestinya pihak Google menciptakan tekhnologi yang sanggup melacak konten hasil copas dan hoax ..., entah gimana caranya, misal mesin robot berkemampuan mendeteksi kode pencurian konten dan melacak kata-kata ujaran kebencian.

    ReplyDelete
  12. Lebih baik karya buatan sendiri jad ada rasa kebanggaannya

    ReplyDelete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan native tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak