setiap orang yang sudah bekerja tentu pernah mengalami masa-masa dimana dia merasakan kejenuhan dalam bekerja. Dan saya sendiri juga sering mengalami hal seperti itu.
Sebenarnya itu adalah hal yang lumrah dan wajar-wajar saja terjadi. Bukan cuma kamu saja yang pernah mengalami hal seperti itu. Saya dan banyak orang lain diluar sana tentu juga pernah mengalaminya.
Kejenuhan dalam bekerja bisa disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya seperti dibawah ini misalnya:
Gaji yang minim.
Kerjaan yang begitu-begitu saja.
Stres karena menumpuknya pekerjaan.
Perselisihan dengan rekan kerja.
Tempat kerja yang membosankan.
Dan masih banyak lagi penyebab lainnya.
Jenuh dalam bekerja
cara mengatasi kejenuhan dalam bekerja
Dibawah ini ada beberapa tips yang berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Mungkin buat kamu yang saat ini sedang mengalami kejenuhan dalam bekerja bisa dicoba tips dari saya ini silahkan disimak.
1# sadar diri, syukuri dan sabar
Kenapa tips ini saya jadikan yang pertama? karena menurut pengalaman pribadi saya yang sering banget mengalami kejenuhan dalam bekerja sering kali lupa akan hal ini.
Sadar diri apa keahlian saya, apa pendidikan tertinggi saya, mencari pekerjaan itu tidak mudah bung.
Syukuri sampai detik ini kamu masih bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan. Banyak orang diluar sana yang jadi pengangguran bahkan mereka yang berpendidikan tinggi.
Sabar kejenuhan itu hanya sementara nanti juga kamu akan mendapat semangat baru lagi dan kembali produktif.
2# hindari perselisihan dengan rekan kerja
Perselisihan dengan rekan kerja memang wajar dan sering terjadi. Hal itu bisa membuat kita tidak bersemangat dan malas dalam bekerja. Atau dalam bahasa sunda hoream gawe. Akur dan rukun lah kepada sesama rekan kerja. Kita sama-sama mencari nafkah disini.
3# buat tempat kerjamu nyaman dan menyenangkan
Ruang kerja yang berantakan dan membosankan bisa mempengaruhi mood seseorang dalam bekerja. Sebaiknya rutin bersihkan ruangan kerjamu. Pasang poster-poster tokoh favoritmu atau lukisan misalnya. Kamu juga boleh memasang musik di ruangan kerjamu.
4# miliki pekerjaan sampingan
Selain pekerjaan utama kamu juga perlu mempunyai pekerjaan sampingan. Seperti berbisnis atau berjualan. Ini juga ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja di pekerjaan utama. Selain kamu juga mempunyai sumber penghasilan lain tentunya.
5# ambil cuti dan pergilah liburan
Jenuh dalam bekerja bisa saja disebabkan karena kamu stress karena pekerjaanmu. Kamu bisa mengambil cuti dan pergi berlibur untuk merefresh otak dan tubuhmu. Otakmu juga perlu didinginkan bro.
6# resign dengan syarat….
Kalau cara di atas tetap tidak mempan,, ok mungkin memang saatnya kamu harus resign dan keluar dari tempat kerjamu. Tapi dengan syarat kamu resign sudah punya batu loncatan. Jangan sampai kamu resign dan kamu jadi pengangguran karena tak kunjung mendapat pekerjaan baru setelah keluar dari tempat kerjamu.
7# cobalah berwirausaha
Dalam hal ini harus kita sadari juga mau sampai kapan kita bekerja ditempat orang. Suatu saat kita juga akan mengalami tua dan tidak sanggup lagi melakukan pekerjaan. Jalan satu-satunya adalah kita berwirausaha dan menciptakan pasif income untuk hari tua ini.
Penutup
Itu dia sedikit tips dari saya untuk mengatasi kejenuhan dalam bekerja. Mudah-mudahan bisa kamu terapkan dan bisa mengatasi masalahmu. Intinya tetap semangat :D
Ekopriantoblog.idSeorang blogger yang tulisannya asal-asalan. Pecinta pencak silat tapi bukan tukang pukul. Penikmat musik indie khususnya endank soekamti.
Share
8 comments
for "Jenuh Dalam Bekerja. Ini Tips Cara Mengatasinya"
Kalau saya dulu yang bikin kesal, gaji minim, tanggung jawab naik mulu hahaha Tapi dasar saya workaholic, saya mah cuman ngomel sesaat waktu gajian, besoknya di kantor kerja lagi bagai quda hahahaha Kalau passion emang jadi sulit buat jenuh :)
Mempunyai kerjaan sampingan, itu yang saya lakukan. Sebenarnya seh tepatnya bukan kerjaan, tapi hoby. Dan hoby itu menghasilkan juga. Lumayan bisa untuk nambah dapur ngebul.
jenuh itu hal yang wajar, rehatlah sejenak lakukan yang disuka dan kembali produktif dikemudian hari :D.
ReplyDeleteTepat sekali,,:D
DeleteKalau saya dulu yang bikin kesal, gaji minim, tanggung jawab naik mulu hahaha
ReplyDeleteTapi dasar saya workaholic, saya mah cuman ngomel sesaat waktu gajian, besoknya di kantor kerja lagi bagai quda hahahaha
Kalau passion emang jadi sulit buat jenuh :)
Jalani apa adanya dulu ya mbak hhe
DeleteTips tips nya boleh juga gan, tp harus kita syukuri jika kita nendptkn pekerjaan :)
ReplyDeleteTips yang pertama kan bersyukur dulu gan hehe
DeleteMempunyai kerjaan sampingan, itu yang saya lakukan. Sebenarnya seh tepatnya bukan kerjaan, tapi hoby. Dan hoby itu menghasilkan juga. Lumayan bisa untuk nambah dapur ngebul.
ReplyDeleteKebahagiaan yang haqiqi itu mas,,,hobi yang menghasilkan hehe
Delete