Cara Membuat Tampilan Blog Nyaman Dan Enak Dilihat

Halo pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat tampilan blog nyaman dan enak dilihat dan tentunya tidak bikin mata cepat lelah saat kita membacanya Kalau sudah begitu pengunjung pasti akan menyukai blogmu.

Pernah tidak kamu membaca buku atau membaca sebuah blog yang dimana tulisan di blog itu ukurannya kecil-kecil dengan spasi yang rapat dan paragraf yang panjang? Tentu itu membuat mata cepat lelah dan malas untuk melanjutkan membaca.
cara membuat tampilan blog nyaman dan enak dilihat
cara membuat tampilan blog nyaman dan enak dilihat

Pada dasarnya setiap manusia itu sebenarnya malas untuk membaca. Apalagi membaca secara detail. Apalagi membaca tulisan yang hurufnya kecil-kecil spasinya rapat dan paragrafnya panjang. Dilirik saja tidak. Baiklah langsung saja berikut beberapa tips dari saya.

cara membuat tampilan blog nyaman dan enak dilihat

1# pemilihan font dan ukurannya

Font untuk artikel di blogger sendiri sebenarnya sudah menyediakan banyak dan bermacam-macam. Ada yang mulai terlihat biasa saja dan simpel, dan ada juga yang terlihat unik dan artistik.

Pilihlah font yang mudah dilihat dan enak dibaca dan pastinya membuat pembaca nyaman untuk membacanya. Ukuran font juga sangat menentukan tampilan blogmu.

Jenis font familiar digunakan oleh para blogger antara lain times new roman, arial, verdana, arial narrow, dan georgia. Saya sendiri menggunakan font georgia dengan ukuran 16px untuk artikel.

2# atur jarak spasi tiap kata dalam satu paragraf/line height

Gunakanlah jarak spasi tiap kata minimal 1.5 untuk membuat tulisan di artikelmu nyaman dan enak dibaca. Saya sendiri menggunakan 1.6 untuk jarak spasi tiap kata di blog ini.

Untuk mengatur line height ikuti cara dibawah ini.
Yang pertama pilih tema>>>lalu pilih edit html jangan lupa di backup dulu templatenya>>>lalu cari kata line-height di dekat kata .post-body>>>lalu di bagian line-height atur poin spasinya antara 1.5 dan 2.

3# kata dalam 1 paragraf maksimal 30 kata

Artikel dengan paragraf yang panjang juga bisa membuat mata lelah dan membuat bosan pengunjung. Dalam artikel Saya sendiri rata-rata dalam tiap paragraf berisi 30 kata. Tidak pasti 30 kata juga sih ya kadang ada yang lebih juga, perkiraan saja. Yang penting jangan terlalu panjang dan terlihat rapat.

4# gunakan gambar yang relevan dengan artikel

Usahakan untuk selalu memberi gambar minimal satu buah untuk setiap artikel. Karena pada dasarnya setiap orang lebih menyukai gambar daripada tulisan. Beri gambar yang relevan dengan artikel kamu dan tentunya gambar yang menarik.

5# widget yang informatif

Widget adalah bagian penting dari sebuah blog. Tanpa widget blog tidak akan menarik dan sulit untuk diakses. Pasanglah widget yang informatif yang berguna untuk pengunjung agar pengunjung lebih mudah dalam menjelajahi blogmu.

6# pemilihan warna background

Menggunakan gambar untuk background memang bisa membuat tampilan blog jadi menarik. Tapi itu membuat loading blog jadi lambat dan itu tidak disarankan.

Lebih baik gunakan background satu warna saja dengan menggunakan warna yang cerah tapi soft. Warna putih misalnya. Kamu bisa melihat situs-situs besar kebanyakan situs itu menggunakan background warna putih.

7# pemilihan warna huruf

Kalau di point 6 kita sudah membahas background yang lebih baik menggunakan warna cerah misalnya warna putih, nah di point 7 ini kita akan bicara tentang warna hurufnya.

Penggunaan warna huruf akan lebih bagus dan kontras apabila menggunakan kebalikan dari warna background. Jadi kalau misal kamu menggunakan warna background putih kamu harus menggunakan warna huruf hitam.

Kesimpulan

Membuat tampilan blog jadi menarik dan nyaman untuk pengunjung adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap blogger.

Tapi ya jangan terlalu fokus ke bagian tampilan karena ada hal yang lebih penting dari tampilan yaitu konten. Jadi pada intinya buat semuanya seimbang Antara konten dan tampilan.

Penutup

Demikianlah cara membuat tampilan blog nyaman dan enak dilihat. Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk hal ini. Kamu bisa membuat tampilan blog sesuka hatimu. Bila ada pertanyaan seputar artikel ini kamu bisa tanyakan kepada saya melalui kolom komentar. See ya.


subscribe via email:

14 Responses to "Cara Membuat Tampilan Blog Nyaman Dan Enak Dilihat"

  1. warna huruf dan warna background penting banget tuh bang. Kebanyak orang sih suka baca yang warna standar aja kaya background putih tulisan hitam, kalau di balik misal tulisan putih background hitam, orang kesannya males baca termasuk saya hehehe, tapi selera sih itu dan nggak bisa disalahin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener gan soalnya warna mencolok juga bisa membuat mata sakit,,

      Delete
  2. Bagus Initemplate viomagz ya mas

    ReplyDelete
  3. Kadang ada beberpa blog yg berat di load e,... kayaknya design2 yg ramah loading jg perlu di perhatiiin yak ,...

    salah satu contoh blog yg responsip, blog nyq mas ini hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecepatan blog memang harus m3njadi perhatian lebih mas,,,

      Delete
  4. Template juga penting menurut saya sama tampilannya pun kalau terlalu mencolok gak asik ,enaknya yg clasik menurut saya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul,,,yang klasik dan tidsk membuat mata lelah karena terlalu mencolok

      Delete
  5. Srtijelnya bagus dan bermanfaat gan. Makasih

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    ReplyDelete

-Silahkan berkomentar dan meninggalkan jejak dengan baik. Admin blog ini sangat aktif, Saya akan segera melakukan kunjungan dan komentar balasan di blog kamu.
-dilarang menggunakan link aktif didalam komentar. Apabila ada yang masih menggunakan, maaf terpaksa saya hapus.
-gunakan link aktif menggunakan name/url.
-dilarang berpromosi didalam komentar, buka saja menu kontak kalau mau berpromosi.
-dilarang berkomentar SARA, hoax atau ujaran kebencian. Bila ada terpaksa saya hapus.
-Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu komentar saya di blogmu

Iklan link Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan native tengah artikel

Iklan Bawah Artikel kotak